Ahmad Baharudin, Ketua Cabang Gerindra Tulungagung Mendukung Perubahan Masa Jabatan Kades Dari 6 Menjadi 9 Tahun Untuk Satu Periode.

Ahmad Baharudin, Ketua Cabang Gerindra Tulungagung Mendukung Perubahan Masa Jabatan Kades Dari 6 Menjadi 9 Tahun Untuk Satu Periode.

Tulungagung – Kabar baik rupanya bakal berhembus pada telinga kepala desa(Kades).Sebab.,pemerintah melalui menteri desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar kini telah mengusulkan jabatan Kades dari 6 tahun menjadi sembilan tahun. Ditengarai ,keefektifan jabatan kepala desa 6 tahun selama satu periode kepemimpinan tidak cukup untuk membangun desa. Sehingga, diperlukan waktu 9 tahun. Dengan kejadian seorang Kades bisa fokus dalam pelaksanaannya tugasnya dan tidak terlalu terpengaruh dinamika politik desa akibat Pilkades.

Hal ini diungkapkan Ahmad Baharudin selaku ketua partai Gerindra sekaligus anggota DPRD Tulungagung kepada awak media Rabu,( 23/11/22),

” Kami mendukung sekali terhadap rencana pemerintah merubah undang undang tentang jabatan kepala desa, dari 6 tahun menjadi 9 tahun, karena masa jabatan 6 tahun kurang efektif dalam membangun karena pengaruh dinamika politik desa, sebab masa itu terlalu pendek” Tuturnya.
Selama ini masa jabatan kades 6 tahun dalam satu periode, dan setiap Kades berkesempatan menjabat 3 periode, artinya jabatan sembilan tahun untuk dua periode berarti Sama, selama 18 tahun untuk dua Kali 9 tahun, interval waktu sepanjang ini akan membuat kinerja lebih fokus,waktu 6 tahun dinilai terlalu cepat dan kurang fokus dalam membangun,

” Menurut saya waktu 6 tahun kurang efektif mengingat dinamika politik desa dan dampak sosial ditingkat bawah paska pemilihan kepala desa baru bisa stabil selama 4 tahun, berarti para Kades hanya memiliki waktu 2 tahun. Pertanyaannya, apakah cukup waktu 2 tahun untuk membangun ?”, Tanyanya.

Mengenai langkah politik untuk mendukung terwujudnya perubahan Undang undang ini. secepatnya, akan mengusulkan melalui fraksi Gerindra kabupaten Tulungagung dan diteruskan ke tingkatkan partai yang lebih tinggi,” Ini amat Urgent, Bersama fraksi Gerindra Di DPRD Tulungagung, akan Kami Lanjutkan ke DPP Partai agar usulan jabatan Kades 9 tahun untuk satu periode jabatan, untuk dua Kali kesempatan, segera diundangkan “,jelasnya(Hur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!