API Kota Bandung Gagas Seminar Tanggung Jawab Umat Kristen dalam Pemilu 2024

API Kota Bandung Gagas Seminar Tanggung Jawab Umat Kristen dalam Pemilu 2024

Spread the love

Bandung, 6 November 2023,Pelitakota.id – Pada tanggal 6 November 2023, Asosiasi Pendeta Indonesia (API) DPC Kota Bandung menggelar acara Sarasehan Kebangsaan dengan tema “Tanggung Jawab Sosial Umat Kristen dalam Pemilu 2024.” Acara ini berlangsung di Gedung GKPB Fajar Pengharapan Bandung, yang dihadiri oleh 245 peserta, terdiri dari pendeta, penatua, dan jemaat.

Sarasehan Kebangsaan ini dipandu oleh Ev. Ir. Andreas Kurniawan, M.A, C.P.C, M.Th, M.Pd (Kabid Ekonomi Kreatif) dan dibuka dengan doa oleh Pdt. Dr. Thian Rope, M.Th (Sekretaris API Kota Bandung). Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua API DPC Kota Bandung, Ev. Ronald Rachmat, S.T., M.Th., yang memberikan pengantar mengenai tujuan dan urgensi diadakannya sarasehan dengan tema “Tanggung Jawab Sosial Umat Kristen Dalam Pemilu 2024” ini.


Sambutan berikutnya datang dari Camat Astana Anyar, Drs. Amin Jakarsih, M.M., yang menjelaskan peran pemerintah dalam memfasilitasi pemilu yang adil dan berintegritas. Kapolsek Astana Anyar, AKP Gilang Indra Friyana Rahmat S.IK dan Danramil, yang diwakili oleh Wadanramil Lettu Inf. Faturohman juga memberikan pandangan dari segi keamanan dan ketertiban selama proses pemilu.

Selama acara, tiga pembicara membagikan wawasan mereka. Bpk. Aswin Sulaeman Utama Abdurrachman, S.E, A.K, M.Si, (Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa, KESBANGPOL Kota Bandung), membahas “Konstelasi Perpolitikan di Indonesia Menjelang Pemilu 2024.” Pdt. Harapan Nainggolan, M.Min., M.Th., (Pembimas Kristen KEMENAG Jabar), membahas “Tantangan dan Peluang Milenial Kristen dalam Pemilu 2024.” Sementara itu, Pdt. Dr. Tonny Andrian Stefanus, M.Th., Ph.D. (Ketua DPC API Kota Bandung), mengupas “Kepemimpinan Pancasialis Dalam Perspektif Alkitab.”
Pembicaraan yang mendalam ini menjadi landasan penting dalam memahami peran umat Kristen dalam pemilu 2024. Ev. Dr. Tjujun Setiawan, M.Th., M.M., M.Pd., CBC., bertindak sebagai moderator yang menjaga jalannya diskusi dengan cermat.

Salah satu moment penting dalam acara ini adalah saat doa bersama untuk para Calon Legislatif dari berbagai Partai Politik yang hadir. Doa dipimpin oleh Pdt. Brian H. Taruh, S.T, M.Psi., sebagai bentuk dukungan dan harapan agar Calon Legislatif apabila nantinya terpilih dapat menjalankan tugas mereka dengan integritas dan kebijaksanaan.


Sebelum berakhir, Pdt. C. Hutabarat memimpin doa syafaat untuk bangsa dan negara, sementara Pdt. Dr. Tonny Andrian Stefanus, M.Th., Ph.D., menutup acara Sarasehan Kebangsaan dengan doa berkat, mengingatkan semua peserta akan pentingnya bersatu dan bertanggung jawab dalam memajukan negara.

Sarasehan Kebangsaan ini menjadi sebuah forum yang penting dalam mempersiapkan umat Kristen menghadapi pemilu 2024, dengan harapan bahwa tanggung jawab sosial dan kepemimpinan Pancasila akan membawa perubahan positif dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!