Asosiasi Psikologi Penerbangan Indonesia (APPnI) Gelar Talk Show “Addiction and Mental Health Issues in Aviation”

Asosiasi Psikologi Penerbangan Indonesia (APPnI) Gelar Talk Show “Addiction and Mental Health Issues in Aviation”

Spread the love

Jakarta,Jangkarpena.com Asosiasi Psikologi Penerbangan Indonesia (APPnI) menggelar acara talkshow dengan tema “Addiction and Mental Health Issues in Aviation” bertempat di Gedung Indoor Training Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara (Dispsiau), Jakarta, Kamis (9/11/2023). Acara ini terselenggara berkat dukungan dari Dispsiau, Asosiasi Pilot Garuda (APG), AirNav Indonesia, PT. Citilink Indonesia, Bali International Flight Academy (BIFA), dan White Sky Aviation.
Talkshow yang digelar dalam rangka memperingati hari kesehatan mental dunia sekaligus Hari jadi ke-17 Asosiasi Psikologi Penerbangan Indonesia (APPnI) ini diikuti oleh operator penerbangan sipil dan militer, Balai Kesehatan Penerbangan, Perdospi, Polairud, BNN, para psikolog baik di lingkungan sipil maupun militer, serta praktisi kesehatan mental. Acara dibuka oleh sambutan Ketua APPnI Dr. Netty Merdiaty, M.M., M.Si., Ph.D.
Para operator di bidang penerbangan seperti pilot, pramugari, air traffic controller, teknisi dan yang lainnya tentu mengalami dinamika yang cukup kompleks dalam menghadapi rutinitas tugasnya dan memungkinkan terjadi permasalahan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun terkait dengan kondisi psikologis. Isu penggunaan obat-obatan secara berlebihan yang sebabkan oleh problematika dalam tugas maupun permasalahan psikologis secara individu menjadi perhatian yang penting.
Dibutuhkan sinergi yang baik antara operator yang menguasai bidang teknis dan manajemen penerbangan dengan psikolog yang memahami dinamika psikologis individu maupun kelompok, ujar Ketua APPnI.

Acara ini menghadirkan Marsekal (Purn) Chappy Hakim sebagai keynote speaker dan Narasumber Asisten Perencanaan Komando Operasi Udara I Kolonel Pnb Budi Susilo, S.E., M.Han., M.M. Dr. Tri Iswardhani, M.Si., Psikolog serta Psikiater Lakespra dr. Saryanto dr. Danardi Sosrosumihardjo, Sp.KJ. (K).

Talkshow ini digelar sebagai salah satu upaya APPnI untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan mental bagi personel yang bekerja di bidang penerbangan, sekaligus untuk menemukan alternatif solusi yang dapat diterapkan guna mencegah terjadinya adiksi dan penurunan kesehatan mental para operator penerbangan.

“Aviation Psychology to Develop Mental Health for Better Safety”(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!