Begitu Landing, Pj Gubernur Sumut Langsung Tinjau Venue PON bersama Forkopimda

Begitu Landing, Pj Gubernur Sumut Langsung Tinjau Venue PON bersama Forkopimda

Spread the love

DELISERDANG, JANGKARPENA.COM – Setibanya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni di Sumatera Utara, dirinya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumut meninjau sejumlah venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Kegiatan ini berlangsung di Sport Centre Desa Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (26/6/2024).

Peninjauan ini merupakan salah satu komitmen nyata Fatoni dalam memastikan kesiapan PON XXI 2024. Menurutnya, perhelatan tersebut perlu menjadi perhatian khusus seluruh pihak.

“Dari Jakarta langsung landing di Sumut, kemudian langsung meninjau venue PON di Sport Centre. Ini salah satu tugas Saya, memastikan PON di Sumut berjalan baik,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan sarana dan prasarana yang ada di lokasi ini sudah berjalan dengan baik. Dirinya memastikan venue PON XXI akan selesai pada akhir Juli.

Sementara itu Fatoni juga memastikan anggaran pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 di Sumatera Utara cukup, baik itu pada tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Namun, jika nantinya diperlukan untuk menambah anggaran maka pihaknya siap untuk menyiapkan dana tersebut.

“Apablia dibutuhkan nanti masih bisa ditambahkan lagi untuk kelengkapan yang lain tanpa menunggu P-APBN dengan melakukan pergeseran anggaran ini sebagai bentuk komitmen kita bersama memastikan PON di Sumatera Utara berjalan lancar,” kata Fatoni.

Pemprov Sumut mengalokasikan anggaran sebanyak Rp1,62 triliun pada tahun anggaran 2023 dan 2024. Sedangkan kebutuhan anggaran penyelenggaraan PON Sumut diperkirakan sebanyak Rp1,99 triliun. Pemprov Sumut mengusulkan tambahan APBN senilai Rp375 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, di antaranya untuk kebutuhan peralatan pertandingan, perangkat pertandingan dan seremoni penutupan.

Menurutnya, pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 di Sumatera Utara merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Perhelatan nasional ini, menurutnya membutuhkan dukungan semua pihak.

“Tugas kita bersama daerah Forkopimda, elemen masyarakat menyukseskan PON Sumut berjalan lancar, demi kehormatan kita sebagai tuan rumah,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian mengatakan Pemprov akan terus berkoordinasi dengan semua pihak. Ini menunjukkan komitmen Pemprov dalam penyelenggaraan PON 2024.

“Ini kita meninjau venue, besok kita akan bertemu Forkopimda untuk berdiskusi, kemudian membahas dengan PB PON dan KONI termasuk KONI Pusat. Bahkan Pak Pj Gubernur selesai dilantik langsung bertemu Menpora, ini bentuk keseriusan kita,” kata Baharuddin.

Turut mendampingi Pj Gubernur Sumut, di antaranya Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I/BB M Hasan, Sekdaprov Sumut Arief S. Trinugroho. Hadir juga Pj Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni dan OPD terkait Pemprov Sumut.**

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!