Buka Musrenbang Provinsi Papua Barat, Wamendagri Ingatkan Pentingnya Sukseskan Pilkada Serentak

Buka Musrenbang Provinsi Papua Barat, Wamendagri Ingatkan Pentingnya Sukseskan Pilkada Serentak

Spread the love

Manokwari,Jangkarpena.com – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat agar menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Hal ini disampaikan Wempi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Meridien Hotel Aston Viu Manokwari, Papua Barat, Senin (29/4/2024).

“Masih ada tugas yang masih tersisa untuk kita sukseskan bersama ke depan, yaitu adalah sukseskan agenda Pilkada Serentak,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wempi meminta Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Barat, Kapolda, dan seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk bekerja sama menyukseskan agenda nasional tersebut.

Lebih lanjut, Wempi menekankan, Musrenbang merupakan wadah sinkronisasi perencanaan program pembangunan nasional dan daerah. Ini terutama membahas rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) provinsi tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi tahun 2025-2045.

Dirinya menjelaskan, pembahasan rancangan RKPD dilaksanakan untuk menyepakati permasalahan, prioritas, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, dan target kinerja, serta lokasi pembangunan daerah. Selain itu, menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional. Kegiatan ini juga untuk mengklarifikasi program dan kegiatan provinsi dengan program dan kegiatan kabupaten/kota yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kabupaten/kota.

“Kalau kita berbicara sinkronisasi pembangunan perencanaan nasional dan daerah, ini akan sesuai dengan visi besar Indonesia Emas tahun 2045, yang pertama adalah perencanaan dan strategi taktis, yang kedua stabilitas, dan yang ketiga keberlanjutan dan kesinambungan kepemimpinan,” tegasnya.

Ia pun menekankan, pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang mesti berjalan selaras dan harmonis.

“Di mana tujuan pembangunan daerah itu merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diserahkan ke daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional,” ujarnya.

Terakhir, Wempi juga mengingatkan agar percepatan pembangunan wilayah Papua Barat diarahkan menuju Papua sehat, cerdas, dan produktif untuk mewujudkan Papua mandiri, adil, dan sejahtera. (***)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!