Bumdes Ngunut Tulungagung  Optimis Bisa Meraih yang Terbaik Dalam Lomba BUMDES Tingkat Propinsi 2023.

Bumdes Ngunut Tulungagung  Optimis Bisa Meraih yang Terbaik Dalam Lomba BUMDES Tingkat Propinsi 2023.

Spread the love

 

Tulungagung ,JP news,Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Ngudi Sejahtera,membuktikan kepada juri secara faktual. Menunjukan bahwa paparan yang dilaksanakan di DPMD Jawa Timur, sebulan lalu, semua sesuai keadaan dilapangan, Semenjak prosesi sebelum pemeriksaan bukti kerja yang dilakukan di aula balai desa Ngunut, Kamis,08/06/23, sinergitas dan kekompakan yang selama ini terjalin tampak begitu percaya diri, bahwa apa yang telah dirintis selama ini akan menjadi, bumdes terbaik di Jawa Timur.
Seluruh pengurus begitu antusias menjalani momentum istimewa. BUMDES yang ada di Desa/Kecamatan Ngunut, kedatangan tim penilai lapang lomba BUMDES tingkat Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, BUMDES yang dikendalikan Joko Ibrahim terpilih dalam kategori 6 besar BUMDES terbaik Se Jawa Timur.

Tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur ingin melihat langsung bagaimana BUMDesa Ngudi Sejahtera bergerak di tengah masyarakat Desa Ngunut. Termasuk jaringan kemitraan BUMDesa Ngudi Sejahtera dengan mitra kerja di Desa Ngunut dan sekitarnya.
Desa Wisata industri menjadi perhatian tersendiri, sebuah unit usaha yang diawali dengan melihat potensi industri kecil, menengah, hingga besar ada di Ngunut.

Harapannya potensi ini bisa dimanfaatkan BUMDES untuk menjadi unit unggulan.
Saat ini, ada berbagai unit usaha di BUMDES Ngudi Sejahtera, seperti unit Pertades, unit pengolahan sampah, unit layanan jasa, dan unit perdagangan.
Kepala desa Ngunut menjelaskan dari sisi demografi dan potensi pasar dengan jumlah penduduk yang besar, “Potensi yang luar biasa, jadi BUMDES bisa menjadi jalan kesejahteraan untuk masyarakat Desa Ngunut,” harap Abdullah, kades setempat.

Potensi industri, penduduk, dan keunikan wilayah,menyebabkan desa Ngunut menjadi aset yang luar biasa, dengan masuknya BUMDES Ngudi Sejahtera di enam besar Lomba BUMDES propinsi, berarti iki akan menjadi tulak ukur Bumdes lainnya,
” Bumdes Ngunut ini sesuai namanya, sesuai maknanya, ingin menjadi yang terbaik, bermanfaat untuk masyarakatnya”, harap Camat Sutrisno, Ssos, Msi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi DPMD Jawa Timur Endah Binawati menjelaskan, perjuangan BUMDES Ngudi Sejahtera patut diapresiasi. Sebab, sudah melalui beberapa tahapan, mulai dari 30 BUMDES yang maju ke tingkat Jawa Timur, ada sebanyak 21 BUMDES yang lolos penilaian administrasi. Selanjutnya disaring lagi menjadi 12 BUMDES untuk presentasi di hadapan tim penilai dari DPMD Jawa Timur. “Alhamdulillah terpilih 6 BUMDesa terbaik Jawa Timur, salah satunya adalah BUMDesa Ngudi Sejahtera. Ini sudah yang terbaik,” ungkapnya.

Tahun ini, ada yang istimewa di mata tim penilai dari DPMD Jawa Timur. Sebab, biasanya BUMDES yang memiliki unit usaha wisata yang membuat tim juri terpesona. Namun, tahun ini BUMDesa yang tidak memiliki unit wisata mampu berkompetisi di tingkat Jawa Timur. Salah satunya adalah BUMDES Ngudi Sejahtera.

Terkait hasil penilaian Tim Penilai Lapang Lomba BUMDES Tingkat Provinsi Jawa Timur, sesuai informasinya bakal diumumkan pada momen Jambore BUMDES Jawa Timur pada September 2023 mendatang. “Kita semoga menjadi Juara terbaik satu, kita masuk kategori 6 BUMDES Terbaik Jawa Timur, selain dari Tulungagung, berasal dari Kabupaten Blitar, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Mojokerto,Aku optimis bisa berbuar baik Untuk Tulungagung ,” jelas Direktur BUMDES Ngudi Sejahtera Joko Ibrahim. (Hur)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!