Disnaker Kabupaten Lebak Berangkatkan 25 Tenaga Kerja Ke luar Negri

Disnaker Kabupaten Lebak Berangkatkan 25 Tenaga Kerja Ke luar Negri

Spread the love

Lebak,jangkarpena.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Lebak Provinsi Banten, Akan memberangkatkan 25 tenaga kerja ke luar negeri, pada Thn 2023 melalui kerja sama dengan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

“Semua pekerja ke luar negeri itu resmi dan terdaftar,” kata Kepala Pelaksana Harian Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lebak H Maman Suparman di Lebak.

Maman menjelaskan 25 warga Kabupaten Lebak yang sudah diberangkatkan bekerja ke luar negeri itu tersebar ke Arab Saudi, Hongkong, Malaisia Taiwan,tailan dan Singapura.

Para pekerja itu berangkat melalui perantara PJTKI diantaranya PT Sriti dan PT Bakti Persada Jaya.

“Kami sangat terbantu adanya kerja sama dengan PJTKI untuk penyerapan tenaga kerja,” katanya pada Media ini. Selasa 24 Oktober 2023

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lebak membuka lowongan pekerjaan ke luar negeri dengan menjalin kerja sama dengan PJTKI untuk tenaga formal maupun non-formal dengan pendidikan mulai tamatan SMP hingga Perguruan Tinggi.

Pihaknya juga terus mengoptimalkan pengawasan dan pemantauan untuk melindungi pekerja di luar negeri guna mencegah tindakan kekerasan fisik dan potensi pengabaian kontrak perjanjian kerja.

Saat ini, menurut Maman, kontrak perjanjian kerja bagi para tenaga kerja itu mencakup persetujuan gaji hingga penerimaan hak-hak lainnya, termasuk tunjangan dan asuransi.

Dengan demikian, apabila terjadi kekerasan fisik hingga pengabaian kontrak tersebut, maka pemerintah daerah siap melindungi warganya dengan membuat pengaduan.

Pengaduan itu nantinya disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Namun, lanjut Maman, hingga saat ini pekerja asal Lebak baik di sektor formal maupun non-formal belum melakukan pengaduan terkait pelanggaran hak pekerja.terangnya

“Hingga kini kami tetap menjalin hubungan dengan pekerja asal Lebak yang ada di luar negeri melalui Group Whatsapp PMI Sukses untuk perlindungan,” Tuturnya.

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!