Hadiri Problem Solving Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar Berikan Himbauan

Hadiri Problem Solving Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar Berikan Himbauan

Spread the love

LANDAK – JANGKARPENA.COM , Bhabinkamtibmas Desa Serimbu dan Desa Engakangin BRIPKA Wahyudin Lubis menghadiri kegiatan Problem Solving tentang Pelanggaran pada kegiatan Balala/ Pantakng Nagari, bertempat di Rumah Adat Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Senin (5/6/23).

Pada kegiatan yang dilaksanakan turut hadir Staff Kecamatan Air Besar Sutono, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Air Besar Paulus, Kepala Desa Serimbu Suharno Kepala Desa Sepangah Kusnadi, Ketua Bala Dayak Ale, dan terahir warga masyarakat yang melanggar ketentuan adat pada saat dilakukan Balala’ Pantakng Nagari.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda saat di konfirmasi menyampaikan bahwa “Setiap Kegiatan yang ada di masyarakat memang wajib dihadiri Bhabinkamtibmas agar semakin dekat dalam membangun sinergitas antara Polri dan masyarakat sehingga sekecil apapun permasalahan yang di hadapi di masyarakat dapat diketahui oleh Bhabinkamtibmas.” Ungkap IPDA Donny.

Sebanyak 22 orang yang melanggar adat dinyatakan bersalah dan wajib membayar denda adat dan permohonan maaf kepada pengurus adat secara tertulis dengan berjanji tidak akan mengulangi serta bersedia menerima sangsi adat yang sudah disepakati bersama atas pelanggaran dalam ketentuan adat Balala’ Pantakng Nagari sesuai hukuman adat yang berlaku di binua serimbu dan sepangah.

Dapat dijelaskan bahwa kejadian tersebut berawal pada Jumat/26/5 jam 20.30 wiba dari Bala Adat Dayak atau petugas Pancalang melaksanakan patroli dilingkungan Desa Sepangah dan Desa Serimbu telah menjumpai adanya beberapa warga masyarakat yang melanggar ketentuan adat oleh karena itu dari pihak DAD Kecamatan Air Besar melakukan pemanggilan untuk melakukan pembahasan sekaligus koordinasi mengenai adat dan sangsi yang akan diterima.

Dalam kesempatan tersebut BRIPKA Wahyudin Lubis selaku Bhabinkamtibmas menghimbau kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga keamanan dan selalu berkoordinasi dengan bhabinkamtibas dalam setiap permasalahan yang timbul dan kami akan selalu berusaha menyelesaikan dengan baik agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif.

Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Air Besar Paulus engapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bhabinkamtibmas sehingga kegiatan berlangsung lancar dan telah diterima / disepakati oleh kedua belah pihak.

penulis xixoctha

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!