Ini Lah Caranya Pinjam Modal Usaha Untuk UMKM di Lumajang

Ini Lah Caranya Pinjam Modal Usaha Untuk UMKM di Lumajang

Spread the love

Lumajang – PN NEWS Kabar gembira bagi para pelaku UMKM di Lumajang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bersama Baznas dan Perbankan dalam hal ini Bank Jatim dan Bank UMKM menyediakan pinjaman tanpa bunga.

Saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Kamis (26/1/2023), Ketua Baznas Kabupaten Lumajang, Atok Hasan Sanusi menjelaskan, bahwa masyarakat dapat mengajukan pinjaman tersebut di Bank UMKM dengan pinjaman di bawah Rp10 juta, dan Bank Jatim untuk pinjaman di atas Rp 10 juta.

“Mekanismenya satu pintu, masyarakat umum mendaftar melalui Rumah Kita Berdaya, disana diverifikasi administrasinya, otoritasnya tetap bank yang menentukan lolos tidaknya,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa dalam program tersebut, pihaknya menyediakan subsidi bunga, sedangkan mekanisme pinjamannya tetap mengikuti aturan perbankan. Harapannya, dengan adanya program tersebut pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang nantinya naik kelas, dan bisa menjadi muzaki.

“Misi kita memberdayakan masyarakat di secara ekonomi, kita harapkan mereka bukan konsumtif tetapi produktif sehingga nantinya meningkatkan masyarakat dari mustahik menjadi muzakki, nanti kita evaluasi,” imbuh dia.

Sementara itu, Penyedia Kredit Mikro Bank Jatim Cabang Lumajang, Yosafat Sandya Respati menerangkan, bahwa kelengkapan persyaratan pengajuan pinjaman sama dengan pinjaman lain yakni seperti fotocopy identitas diri, memiliki usaha produktif dengan tenor maksimal 4 tahun.

“Persyaratan awal mendaftar di Rumah Kita Berdaya, nanti mereka yang menyeleksi awal, datanya diarahkan ke kami, nanti kita perlakukan sesuai ketentuan di kami, kita survei usahanya, kelayakan usahanya dan harus menyediakan agunannya,” terang dia. (Kominfo-lmj/Kefas Hervin Devananda)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!