Kali pertama jajakan kaki di gunung Ciremai, Asep: Proses adalah kunci utama.

Kali pertama jajakan kaki di gunung Ciremai, Asep: Proses adalah kunci utama.

Spread the love

Majalengka – Jangkarpena.com Setiap orang memang pada dasarnya memiliki ragam keunikan terkhususnya dalam kesukaan akan sesuatu, entah kesukaan akan pendakian gunung seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang menyukainya.

mengenai pendakian sebuah gunung maka para penikmat lautan awan dan senja tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya gunung Ciremai yang berada di kawasan tiga kabupaten yakni Kuningan, Majalengka dan Cirebon.

Gunung Ciremai sendiri merupakan sebuah gunung yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Jawa barat setelah Gunung Gede dan Pangrango. ketinggian gunung Ciremai sendiri memiliki ketinggian 3078 MDPL (Meter Di Atas Permukaan Laut).

Dari penelusuran Jurnalis media aesennews.com; Asep Supriana N dan Willy Herman W pada Selasa(22/8/23) sekaligus menjelajahi trek pendakian dari Majalengka yakni Basecamp Apuy memiliki keunikan tersendiri, mulai dari trek pendakian yang extreme, tersesat di gunung, salah jalur dan hal lain sebagainya.

“Pertama kali menjajakan kaki di gunung Ciremai yang menjadi gunung tertinggi di Jawa barat ini memiliki kenangan dan cerita yang tidak bisa dilupakan terlebih lagi gunung ini menjadi impian sejak beberapa tahun belakangan ini” Ucap Asep Supriana.

Penelusuran jurnalis ke gunung Ciremai via Apuy perlu kita apresiasi perihal pengelolaan gunung ini diantaranya.
1. Biaya
Terkait dengan biaya yang dikeluarkan saat pendakian gunung Ciremai memang akan sedikit menguras isi dompet, bukan karena simaksi mahal atau sejenisnya melainkan biaya perjalanan atau transportasi dari kota-kota besar yang terbilang cukup jauh, terlebih lagi apabila menggunakan transportasi umum. misalnya dari kota Cianjur saja dengan menggunakan kendaraan pribadi perhitungannya adalah:
a. Bensin Rp. 100.000
b. Makan di perjalanan Rp. 100.000 (PP)
c. Perlengkapan Logistik Rp. 250.000 untuk muncak selama 2 hari.

ditambah lagi dengan simaksi yang dibooking secara online Rp. 7500, Simaksi dilokasi Rp. 50.000 dan Kesehatan Rp. 20.000 total Rp. 77.500-.
jadi apabila dikalkulasikan akan menjadi Rp. 527,500-. “catatan : pendakian di atas hanya untuk satu orang dan ini perjalanan dari kota Cianjur”.

Terkait dengan simaksi yang ditarif per orang Rp. 77.500 memiliki kelengkapan bonus diantaranya Voucer makan untuk satu kali makan dan Sertifikat. jadi untuk simaksi Rp. 77.500 sangatlah murah apalagi dengan include bonus tadi.

2. Fasilitas Basecamp
Fasilitas yang ada di basecamp Apuy sangatlah cukup apalagi dikelola dengan baik, diantaranya: Tempat istirahat pendaki, kamar mandi yang banyak, tempat ibadah, parkiran, penitipan barang dan lainnya.

3. Pos-pos pendakian
pos pendakian gunung Ciremai via Apuy memiliki lima pos diantaranya.
a. Basecamp ke pos satu 46 Menit
b. pos satu ke pos dua 1 jam
c. pos 2 ke pos 3 1 jam
d. pos 3 ke pos 4 40 menit
e. pos 4 ke pos 5 1 jam 20 menit.
f. pos 5 ke puncak 3,5 jam.
total pendakian mencapai puncak memerlukan 8 jam perjalanan.

4. Keindahan Alam
keindahan alam yang ditawarkan oleh gunung Ciremai ini sangat memberikan ciri khas yakni dengan adanya trek yang luar biasa dan terlihat jelas apabila kita berada di puncak Ciremai, akan melihat lautan awan yang mengelilingi seluruh puncak. dengan kata lain kita berdiri di atas awan yang bergerak.

“Kendati demikian pendakian gunung Ciremai ini menjadi sebuah catatan sejarah karena perjalanan ini sudah dinanti-nantikan sejak tahun 2021 silam, dan hari ini saya bisa menginjakan kaki disini. maka dari itu perlu kita abadikan setiap perjalanan kita” Tutur Asep. (23/8/23).

“Pendakian kali ini saya ditemani oleh satu rekan saya Willy Herman W, dan kemudian rekan yang tidak sengaja bertemu di perjalanan pendakian yakni dua orang tersebut bernama sama yakni Fajar dari Sumedang. pendakian bersama ini dipungkaskan hingga puncak dan kembali bersama dengan kebanggan yang luar biasa”. Pungkasnya (Red).

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!