Kampung Kambing Dan Kuliner Ikan Patin Sebagai Produk Unggulan Desa kendalbulur Tulungagung

Kampung Kambing Dan Kuliner Ikan Patin Sebagai Produk Unggulan Desa kendalbulur Tulungagung

 


Tulungagung. – Sambutan para undangan lomba desa Kendal bulur di Kecamatan boyolangu kabupaten Tulungagung dengan memiliki kearifan lokal tersendiri di antara percontohan desa yang mengembangkan dari potensi peternakan kambing , pertanian tembakau dan perikanan bahkan budidaya pengolahan kuliner dari ikan patin .

Saat diwawancarai awak media (25/10/22), Anang mengatakan, “Desa ini memiliki dua produk unggulan yaitu kambing yang dikembangkan oleh kelompok peternak dan kuliner suatu contoh Soup kepala patin ,kripik patin, yang dikembangkan oleh masyarakat desa.

Kehebatan serta potensi peternakan kambing yang besar menjadikan Desa budidaya bisa disebut, dan dikenal sebagai Kampung Kambing. Tidak heran jika di salah satu sisi desa menuju pusat peternakan terdapat gerbang kampung kambing lengkap dengan tata cara mengedukasikan secara kelompok peternak kambing.

Menurut dari Anang Mustofa selaku kepala desa kendalbulur, mengatakan dengan secara rinci dalam penguna angaran diambil dari DD dan ADD, pengelolaan kambing tersebut , sesuai (SOP) untuk Kelompok peternak

tata cara bagaimana laporanya , bila mana nantinya ada yang mati atau nanti kambing bertambah alhasil dari laba penjualan terbagi dari persenya , kelompok peternak untuk khas organisasi (pokmas) menjadikannya sebagai sumber ekonomi alternatif,” paparnya. Anang Mustofa, tambahnya.


Anang menambahkan ,”Masyarakat umumnya lebih mengenal kuliner ini dari sisi kulinernya, produksi patin mulai dari SOP, sampai keripik patin bahkan itu kandungan gizi lebih kaya daripada daging dan hampir sama dengan kandungan lainya.”tambahnya

Melihat potensi desa secara ekonomi juga mempunyai Berbagai potensi kawasan wisata NAKULA PARK,dan edukasi peternakan kambing yang dapat dikombinasikan dengan budaya serta produk-produk olahan dari ikan patin.”
Makanya dari semua prestasi yang dicapai desa Kendal Bulur sehingga bisa mewakili Jawa Timur menjadi lomba desa unggulan nasional. (Hur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!