KB dan TPA di Kota Yogya Dukung Terwujudnya Kota Layak Anak

KB dan TPA di Kota Yogya Dukung Terwujudnya Kota Layak Anak

Spread the love

UMBULHARJO – Dalam rangka mencerdaskan dan mendidik anak-anak pegawai di lingkup  Pemerintah Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta terus mengupgrade program dan kegiatan yang ada di Taman Penitipan Anak (TPA) dan Kelompok Bermain (KB) sesuai dengan perkembangan zaman.
Dimana kegiatan yang dilakukan turut serta dalam mensukseskan program pemerintah yaitu mewujudkan Kota Layak Anak dan Sekolah Ramah Anak.
Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Sarmin saat menghadiri kegiatan Pelepasan Anak Didik TPA Beringharjo, TPA Praba Dharma dan KB Kirana Tahun 2024 di Ruang Bima Komplek Balaikota Yogyakarta, Jumat (5/7).
Pihaknya mengungkapkan, pada kesempatan ini sebanyak 43 murid mengikuti Pelepasan Anak Didik diantaranya dari TPA Beringharjo, TPA Praba Dharma dan KB Kirana.
Dimana untuk TPA Praba Dharma saat ini dikelola oleh DWP Kota Yogyakarta. Sedangkan TPA Beringharjo dan KB Kirana dikelola oleh TP PKK Kota Yogyakarta. “Anak-anak didik ini  diajarkan nilai dasar kemandirian dan kesiapan dalam memasuki dunia pendidikan. Selain itu, mereka diajak untuk berinteraksi dengan orang lain agar dapat menyiapkan diri sedini mungkin untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya,”jelasnya.
Sarmin mengungkapkan, dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada murid TPA di Kota Yogyakarta, DP3AP2KB Kota Yogyakarta selalu melakukan evaluasi setiap tahunnya. Sehingga, upaya-upaya yang dilakukan untuk mengupgrade program di TPA dapat diterima oleh wali murid.
“Animo masyarakat sampai saat ini cukup besar, khususnya pegawai di lingkup pemerintah yang ingin mendaftarkan anak mereka ke TPA Praba Dharma. Semoga dengan kepercayaan mereka terhadap kami yang begitu tinggi akan kami jaga layanan dan mutu dalam memenuhi hak-hak anak dan perlindungan terhadap anak dalam mempersiapkan ke pendidikan selanjutnya,”ujarnya.

Plt Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Sarmin saat menghadiri kegiatan Pelepasan Anak Didik TPA Beringharjo, TPA Praba Dharma dan KB Kirana Tahun 2024 di Ruang Bima Komplek Balaikota Yogyakarta, Jumat (5/7).

Sementara itu, mewakili Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta yakni Ketua Bidang II TP PKK Nurhayati mengungkapkan, keberhasilan pendidikan seorang anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat berperan sebagai pijakan pendidikan ke jenjang berikutnya.
Pada kesempatan ini, pihaknya memberikan dukungan penuh untuk keberlangsungan PAUD khususnya di Kota Yogyakarta. Sehingga harapan kedepannya, anak-anak PAUD di TPA yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu Taman Kanak-kanak (TK) bisa menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi seseorang yang berhasil dalam menggapai cita-cita mereka.
“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para pendidik dan orang tua yang dapat bekerjasama untuk selalu mendampingi dan memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan dan kasih sayang kepada anak-anak selama ini. Semoga kedepannya, setiap aspek pendidikan PAUD terus berkembang,”ungkapnya.
Selanjutnya Bendahara DWP Kota Yogyakarta Tri Kartiwi Estiningsih mengapresiasi kinerja seluruh guru yang mendampingi murid TPA yang ada di Kota Yogyakarta.

Beberapa murid TPA Praba Dharma setelah mengikuti Pelepasan Peserta Didik mengabadikan foto bersama guru mereka.

Dalam program kegiatan yang dilakukan TPA, DWP Kota Yogyakarta berupaya untuk terus memberikan pendampingan dan pemantauan agar pelayanan pendidikan yang diberikan berjalan dengan lancar dan memenuhi kebutuhan hak anak.
“Kami selalu memantau kegiatan yang dilakukan TPA khususnya TPA Praba Dharma. Kami melihat peran TPA sangat besar bagi orang tua. Sehingga dalam pelayanan pengasuhan, pendidikan, ruang bermain ini mengedepankan pemenuhan hak-hak anak di lingkungan pemerintah,”jelasnya saat diwawancarai.
Pihaknya berharap, dengan kegiatan yang dilakukan oleh TPA dapat membentuk karakter dan kreativitas anak. Sehingga anak memiliki jiwa disiplin, berani dan bertanggung jawab terhadap diri mereka maupun sekitarnya.
Saat ditemui, salah satu wali murid TPA Praba Dharma yang merupakan pegawai pemerintah di Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Wahyu Dwi Herwanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendidik yang ada di TPA Praba Dharma.
“Terima kasih kepada pendidik di TPA Praba Dharma dalam mendidik anak kami. Kami sangat senang anak yang kami titipkan di TPA Praba Dharma memiliki karakter yang baik. Semoga kedepannya akan lebih berkembang lagi pendidikan yang diberikan,”katanya. (Hes)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!