Kominfo – Amazon Web Services Bahas Penguatan Tata Kelola Data

Kominfo – Amazon Web Services Bahas Penguatan Tata Kelola Data

Spread the love

Jakarta, jangkarpena.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Amazon Web Services (AWS) melakukan pembahasan terkait penguatan tata kelola data, khususnya data pribadi di Indonesia seiring peningkatan konektivitas dan interaksi masyarakat dengan piranti digital.

“Semuanya menghasilkan, menggunakan, dan memproduksi data. Jadi, semua kegiatan itu harus diatur dengan tata kelola data yang baik, karena ada data-data yang sifatnya pribadi. Dengan AWS, sebetulnya kita sedang mengekplorasi bagaimana tata kelola data.” ujar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, dalam keterangannya terkait Executive Meeting and Dialogue Kementerian Kominfo dengan AWS di Seattle, Amerika Serikat, seperti dirilis pada Jumat (3/5/2024).

Nezar mengatakan, data pribadi merupakan hal penting yang memerlukan tata kelola dan perlindungan ekstra di pusat data atau data center.

Terlebih, saat ini Indonesia sudah memiliki beberapa peraturan untuk melindungi data pribadi.

“Dengan AWS, kita belajar bagaimana data-data itu dikelola di Data Center. Apakah data itu sepenuhnya dikontrol oleh negara yang bersangkutan yang menggunakan jasa cloud, ataukah data itu di luar jangkauan? Itu yang menjadi diskusi yang cukup intens,” tuturnya.

Menurut Wamenkominfo, sekarang sudah ada teknologi terbaru yang menjamin pengaturan data yang lebih adil dan aman.

Dengan demikian, pemilik data bisa memiliki otoritas penuh terhadap data yang disimpan pada layanan komputasi awan (cloud).

“AWS memberikan pengelolaan data yang terbaru, terkini, termutakhir saat ini. Kita juga sedang menjajaki dengan sejumlah tech companies yang lain, bagaimana data governance ini diberlakukan,” ungkap dia.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari pada 29 – 30 April 2024, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Staf Khusus Riant Nugroho dan Plt. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Aris Kurniawan.

Adapun Vice President EC2 AWS Global Jan Hofmeyr didampingi Head of Growth Markets ASEAN Julian Lau, Head of Public Policy for Indonesia Donny Eryastha, Global Senior Solutions Architect AWS Kate Sposato, serta Government Account Lead at Amazon Web Services (AWS) in Strategic Management Muhammad Yopan. (***)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!