Korem 072/Pamungkas Gelar Sholat Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M

Korem 072/Pamungkas Gelar Sholat Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M

Spread the love

Yogyakarta – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M, Korem 072/Pamungkas menggelar Sholat Idul Adha bertempat di Lapangan Apel Makorem 072/Pamungkas, Jl. Reksobayan No.4, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Minggu, (10/7/2022).

Sholat Idul Adha kali ini dihadiri oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si., Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo, Kasiren Korem 072/Pamungkas, para Kasi Kasrem 072/Pamungkas, Dandim 0734/Kota Yogyakarta, para prajurit, PNS dan keluarga serta warga sekitar Makorem 072/Pamungkas.

Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha Batiren Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serka Tri Wahyudi dan Khatib Kabintal Korem 072/Pamungkas Kapten Cba Saryanto, sedangkan tema peringatan Idul Adha tahun ini adalah “Menumbuhkan Kepedulian Sosial”.

Kabintal Korem 072/Pamungkas Kapten Cba Saryanto dalam ceramahnya menyampaikan, Hari raya Idul Adha ditandai dengan peristiwa kemanusiaan dalam sejarah kehidupan manusia yang tidak akan mampu dilakukan oleh siapapun hanyalah oleh Nabi Ibrahim AS dan puteranya Nabi Ismail AS yaitu “Pengorbanan” yang bermuara pada keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT,

Dalam Ibadah Qurban terdapat dimensi ibadah personal/Fardhiyah yaitu taqarub pendekatan kepada Allah SWT, hal ini dibuktikan dalam bentuk kepasrahan serta kepatuhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT, kepasrahan serta kesabaran menerima perintah Nya yang akhirnya Allah SWT menggantikan sesembelihan itu dengan Domba dari surga (Dzibin Adzim). Ini adalah nilai totalitas terhadap perintah Allah SWT.

Lebih lanjut Kabintal menjelaskan, melalui ibadah Qurban hubungan antar manusia dapat terbentuk dengan baik (Hablunminannas) . Didalamnya kita belajar tentang kepedulian, berbagi dengan sesama terlebih bagi mereka yang secara ekonomi berada dibawah garis kemiskinan.

“Melalui ibadah Qurban ini kita juga belajar tentang pentingnya sikap peduli terhadap sesama, hal ini dapat dilihat dari berbagi hewan Qurban kepada orang-orang disekitarnya. Sikap mulia ini yang diajarkan Rasulullah SAW bukan hanya untuk sesama muslim namun juga untuk non muslim”. jelas Kabintal Korem 072/Pamungkas.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 072/Pamungkas beserta keluarganya agar dapat mengambil hikmah dari peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 H kali ini.

Selain itu, Danrem 072/Pamungkas juga menyampaikan Sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail banyak memberikan pelajaran yang harus kita tauladani. Nabi Ismail adalah cerminan ideal sikap seorang anak patuh terhadap orang tua, bahkan beliau siap berkorban karena perintah Allah SWT.

“Hikmah dari peringatan Hari Raya Idul Adha dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana setiap warga negara harus bisa berkontribusi dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Selama pelaksanaan Sholat Idul Adha berlangsung khidmat dan tertib serta tetap memedomani ketentuan Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan Pemerintah. Sumber : Penrem 072/Pmk – HS

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!