KPU dan Bawaslu serta Para Jurnalis ikuti Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024

KPU dan Bawaslu serta Para Jurnalis ikuti Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024

Spread the love

Trenggalek,jangkarpena.com
Media memiliki peran strategis dalam pengelolaan Kamtibmas yang kondusif. Media tidak hanya sebagai jembatan informasi melalui produk jurnalistiknya tetapi juga berfungsi sebagai kontrol sekaligus cooling system. Terutama menjelang Pemilu 2024 dimana tensi politik secara berlahan mulai menghangat.

Karena itu Polda Jawa Timur menggelar Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 yang diikuti oleh seluruh Polres jajaran melalui saluran virtual, Dalam acara ini juga mengikutsertakan stakeholder terkait seperti KPU dan Bawaslu serta para jurnalis baik online, cetak dan eletronik yang beroperasi di wilayah Kabupaten Trenggalek. Selasa, (10/10/23).

Agar lebih greget, dalam pelatihan ini, Polda Jatim menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan professional diantaranya KPU dan Bawaslu Provinsi Jatim serta akademisi dari Universitas Airlangga

Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Hermanto dalam sambutannya mengungkapkan, perkembangan teknologi telah merubah pola pikir dan gaya hidup manusia terutama dalam hal komunikasi. Tak terkecuali arus informasi melalui industri media.

“Media dapat menyajikan informasi yang menyejukkan dengan tetap mempedomani kode etik jurnalistik, berimbang, akurat dan objektif.” Ujarnya.

Kapolda menegaskan, saat ini Polda Jatim Tengah menggelar operasi kepolisian terpusat `Mantap Brata Semeru 2023-2024 yang fokus dalam pengamanan Pemilu mendatang dengan meminimalisir Isu-isu provokatif berlatar belakang SARA, balk yang terjadi di tengah masyarakat maupun di ruang siber dengan mengutamakan preemtif dan preventif serta mengantisipasi perpecahan maupun konflik.

“Kami harapkan melalui acara ini, kolaborasi dan sinergitas antara Polri dengan media semakin meningkat, dapat memberi masukan serta menyuarakan narasi positif dan damai.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, melalui Kasihumas Iptu Suswanto menuturkan, kegiatan di Rupatama Mapolres ini menjadi ajang silaturahmi serta menyamakan persepsi tentang bagaimana Upaya mengoptimalkan peran media dalam mengawal demokrasi sekaligus turut serta menjaga kondusivitas Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek.
(Vi)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!