KWT Rahayu Berkah Kauman,Wakili DKP Pameran Rutin di Pendopo Kabupaten Tulungagung.

KWT Rahayu Berkah Kauman,Wakili DKP Pameran Rutin di Pendopo Kabupaten Tulungagung.

Tulungagung – Diversifikasi pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam rangka menstimulasi masyarakat,khususnya kaum wanita tani untuk kreatif serta membantu income keluarga adalah tujuan dibentuknya kelompok wanita tani ( KWT).

KWT Berkah Rahayu satu satunya KWT yang mandiri yang Dibina oleh Dinas Ketahanan pangan Tulungagung.

Berkah Rahayu didirikan sejak setahun lalu berada di desa Kauman kecamatan Kauman Tulungagung, dimotori oleh Umi Safaati sebagai ketua kelompok, serta dua puluh anggota lainya.Mereka begitu mendukung program dari DKP Khususnya Progam pemanfaatan halaman/pekarangan rumah. Menurut Wahyu sebagai salah satu anggota KWT BERKAH RAHAYU ,pada acara pameran rutin setiap Selasa diruang darma wanita kabupaten Tulungagung,Selasa,21/06/22,progam ini amat menunjang ekonomi keluarga , ” Saya merasa senang dan terbantu atas progam P2L dari DKP ,selain kita konsumsi sendiri ,ada yang sebagian kita jual “, paparnya.


Pekarangan Pangan Lestari ( P2L) adalah salah satu progam Dinas Ketahanan pangan Tulungagung.Kepala Dinas Drs Agus Nuswantoro,MM,melalui Kabid konsumsi dan keamanan pangan LilIk Puspita atau akrab dipanggil Pipit menegaskan bahwa P2L adalah progam wanita tani yang didalamnya terkandung edukasi pemanfaatan lahan yang minim untuk digunakan sebagai tempat mengembangkan tanaman organik.

” Sebenarnya banyak progam yang ada di DKP Tulungagung , pemanfaatan lahan yang terbatas dengan memanfaatkan pekarangan adalah inovasi yang tetap dilaksanakan oleh DKP dengan menggunakan greenhouse “,tegasnya.

Dalam acara rutin setiap Minggu sekali di gedung Darma wanita dilingkungan pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso,Pipit juga menjelaskan acara ini adalah acara rutinan , khususnya buat KWT adalah sarana penggalian pasar hasil tanaman organik, ” Ini merupakan solusi dari permasalahan pemasaran selama ini,melalui rutinitas kegiatan di pendopo,selain memperkenalkan kegiatan ratusan KWT diseluruh Tulungagung,juga Sebagai ajang pemasaran produk ” imbuhnya.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.