Lestarikan Tari Tradisional Tirik Lalan, Pemprov Kalsel laksanakan Lomba Tari Tradisi

Lestarikan Tari Tradisional Tirik Lalan, Pemprov Kalsel laksanakan Lomba Tari Tradisi

Spread the love

Banjarmasin, Jangkarpena.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan lomba tari tradisi Tirik Lalan dalam melestarikan salah satu kesenian yang dimiliki Kalimantan Selatan.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengungkapkan tari tradisi tirik lalan ini semacam tarian yang sudah wajib dipelajari oleh kalangan tingkat pelajar maupun mahasiswa.

“Alhamdulillah antusias para pelajar maupun mahasiswa lumayan tinggi karena jumlah peserta yang ikut mencapai puluhan pasang,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (27/5/2024).

Ia menjelaskan, digelarnya lomba tradisi tari tirik lalan ini dikarenakan seiring perkembangan zaman tari ini mulai kurang ditampilkan, sehingga gerak hingga kostum tarian mulai bergeser dari pakem yang telah ada.

Suharyanti mengungkapkan pihaknya selaku lembaga yang memperhatikan kesenian daerah ingin menunjukan kembali bagaimana pola gerak hingga kostum, yang digunakan tari tradisi tirik lalan agar kembali seperti dulu.

Untuk itu, dengan pelaksanaan ini para generasi muda bisa belajar dan mengetahui gerak hingga busana Tari Tradisi Tirik Lalan yang sesuai dengan pakemnya.

“Diharapkan tarian yang sudah dipakemkan jangan menjadi sebuah tarian baru, tetapi harus diperkenalkan dengan pakem yang sudah ada sejak dulu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Dokumentasi dan promosi UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Nitta Aulia menambahkan ada 25 pasang peserta daru 13 kabupaten/kota yang ikut memeriahkan lomba tari tradisional tirik lalan.

“Para peserta langsung dinilai oleh para juri lokal yang sudah ahli di dunia seni tari yaitu Heriyadi Haris, Firhansyah dan Indriana Nurulita Dwi,” ungkapnya.

Lanjut,dirinya mengungkapkan, bagi para pemenang juara 1,2,3, lalu harapan 1,2 dan juara favorit akan mendapatkan uang pembinaan.

“Juara 1 nanti akan mendapatkan Rp5 juta, Juara 2 Rp4 juta, Juara 3 Rp3 juta, Juara harapan 1 Rp2 juta, Juara harapan 2 Rp1 juta dan Juara favorit Rp500 ribu. Untuk pemilihan juara favorit kami adakan melalui vote di instagram Taman budaya,”tambahnya.

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!