LGMI Trenggalek Dukung Program Kedaulatan Pangan dan Kesehatan

LGMI Trenggalek Dukung Program Kedaulatan Pangan dan Kesehatan

Spread the love

TRENGGALEK – Derap langkah LGMI DPW II Trenggalek dalam mendukung program kedaulatan pangan sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat demi terciptanya ekonomi yang tanguh, mengelar tanam Kacang Sacha Inchi bersama para petani Kecamatan Pule dan Panggul, Sabtu (9/7/2022)l

” Ketanguhan ekonomi akan terwujud jika ada kreatipitas warga yang nyata dan menghasilkan. Untuk itu langkah yang diambil LGMI mengandeng PT Samira dalam budidaya Kacang Sancha dan bermitra dengan para petani merupakan bentuk upaya untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Imam Bahrudin selaku ketua LGMI Trenggalek.

Imam Bahrudin ketua LGMI Trenggalek yang akrap disapa Ceklik terhadap para petani menjelaskan, kenapa kami memilih kacang sacha inchi yang dibudidayakan, karena jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mudah budidayanya dan juga ada nilaia ekonomis yang menjanjikan. Untuk itu kami bersama kader-kader LGMI Trenggalek mengajak kepada seluruh petani berinovatif dengan budidaya tanaman tersebut.

Pihaknya juga menambahkan,  “kandungan protein pada biji kacang sacha inchi mencapai 17% dan minyak 35-60%. Sedang biji dan daun mentah sacha inchi mengandung alkaloid , saponin , dan lektin dalam jumlah yang cukup besar yang mungkin beracun jika dikonsumsi sebelum dimasak, tetapi terdegradasi dengan cara dipanggang, digoreng atau disangrai,” terangnya.

Ia juga menambahkan, adapun khasiat dan manfaat Kacang Sacha Inchi diantaranya, “mengontrol kolesterol Kacang sacha inchi diketahui memiliki manfaat yang unik, yaitu tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) akan tetapi juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Meningkatkan sistem kekebalan ubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi sacha inchi diyakini tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Membuat otak lebih rileks dan mencegah stres. Sacha inchi diketahui kaya akan kandungan tripofan (hormon dan neurotransmitter) yang berkhasiat membantu otak lebih rileks, melepaskan stres dan merasa lebih baik”. jelasnya.

Masih murut Ketua LGMI, kacang sacha inchi ini juga bisa membantu mengurangi resiko peradangan otak, mengingat kandungan omega-3 yang tinggi. Mengurangi resiko depresi, kelelahan, meningkatkan daya ingat dan respon terhadap rasa sakit. Juga berkhasiat dalam menghilangkan lemak darah dan melancarkan peredaran/sirkulasi darah sehingga arteri (pembuluh darah) menjadi fleksibel dan elastis untuk menghindari arteriosklerosis. Serta menurunkan tekanan darah.

Mencegah diabete karena diketahui mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes, termasuk menyehatkan tulang karena dapat membantu tubuh menyerap kalsium sehingga dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Menyembuhkan nyeri sendi karena sacha inchi dikenal sebagai anti-inflamasi yang baik sehingga berkhasiat dalam membantu mengurangi nyeri sendi dan rheumatoid arthritis. Baik jaga  untuk kesehatan rambut dan kulit vitamin E yang terdapat pada biji sacha inchi juga bisa untuk membantu menyehatkan rambut dan kulit. Omega-3 berperan dalam meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang berperan dalam menjaga kulit tetap sehat, terlihat lebih muda dan bebas kerutan.

Membantu perkembangan otak Anak karena Sacha inchi mengandung DHA yang dapat membantu mendorong perkembangan sistem syaraf, memori dan fungsi konsentrasi yang optimal. Serta baik untuk menjaga kesehatan jantung Omega-3 efektif menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga jantung lebih sehat dan kuat. Bisa juga untuk menurunkan berat badan (sistem saraf kimia yang terlibat dalam mengontrol nafsu makan).

” Itulah kelebihan serta manfaat kacang sacha inchi selain dari sisi ekonomisnya,” pungkasnya.

(mj pelitanusantara.com)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!