MEMPUNYAI SIKAP KETERBUKAAN ADALAH BAGIAN DARI INTEGRITAS

MEMPUNYAI SIKAP KETERBUKAAN ADALAH BAGIAN DARI INTEGRITAS

“Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;” Mazmur 139:23

Sleman – Reuben Gonzalas, seorang pemain Squash (tenis dinding), masuk pertandingan final pertamanya di turnamen profesional. Dia ada di ambang predikat juara jika menang.

Pada poin menentukan di game kelima dan terakhir, Gonzalas membuat pukulan mematikan ke pojok depan untuk mengakhiri pertandingan dan memenangkan turnamen. Wasit menyatakan masuk dan penjaga garis mengkonfirmasi tembakan bola itu menghasilkan poin.

Dengan ragu-ragu, Gonzalas berbalik dan menyatakan bahwa pukulannya sebelum mengenai dinding telah terlebih dahulu menyentuh lantai. Akibatnya dia kehilangan poin dan bola servis pindah ke lawannya, yang pada akhirnya memenangkan pertandingan itu.

Gonzalas di wawancara oleh sebuah majalah, “Mengapa kamu melakukannya?” Gonzalas menjawab, “ini adalah satu-satunya hal yang bisa saya lakukan untuk menjaga integritas saya.”

Salah satu figur Alkitab yang diakui integritasnya oleh Tuhan adalah Daud (1Raj 9:4, integrity: tulus hati).

Integritas Daud bukan karena hidupnya bersih dan tak bercela, namun karena ia merespon teguran Allah dengan hati nurani yang benar.

Daud secara tegas mengakui kesalahan saat nabi Natan menyampaikan teguran Tuhan kepadanya (2Samuel 12:1-6).

Daud menyesal dan bertobat.

Daud adalah manusia sebagaimana kebanyakan orang percaya lainnya, yang tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Dalam hal ini kita perlu belajar dari Daud, menjaga integritas dalam seluruh area hidup kita. Ingatlah kebenaran ini, bahwa Tuhan selalu melihat hati nurani yang terbuka kepada-Nya, bukan hal-hal yang kelihatannya sempurna tetapi tercela dihadapan Dia.

Orang yang berintegritas bukan berarti tidak pernah berbuat kesalahan, tetapi orang yang mengakui kesalahannya dengan jujur.

“Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.” 2 Korintus 13:5

Selamat memasuki bulan baru dalam perkenan-Nya, FOCUS on GOD. Jaga kesehatan, tetap semangat dan antusias. Kiranya Tuhan Yesus melimpahkan rahmat-Nya senantiasa kepada kita semua. Selamat menikmati divine breakthrough, divine solution, divine resolution dan divine fission (Abah Daniel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!