Menggali Potensi Qori-Qoriah di Bekasi: STQ Cabangbungin Ciptakan Bintang-Bintang Baru

Menggali Potensi Qori-Qoriah di Bekasi: STQ Cabangbungin Ciptakan Bintang-Bintang Baru

Spread the love

Bekasi – Jabar || Jangkarpena.com 

Selasa tanggal 1 Agustus 2023, Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kecamatan. Perhelatan ini berlangsung di halaman kantor Desa Setialaksana dan diramaikan oleh pawai ta’aruf perwakilan 8 desa di Kecamatan Cabangbungin.

Camat Cabangbungin, Asep Buhori, menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan STQ tingkat kecamatan ini adalah untuk menyeleksi dan memaksimalkan potensi Qori-Qoriah yang ada di wilayahnya. Dengan demikian, peserta diharapkan dapat meningkatkan semangat, kualitas, kompetensi, dan keilmuan generasi muda yang mencintai Al-Quran.

“Kegiatan STQ ini merupakan bentuk pembinaan dan motivasi bagi generasi muda di Cabangbungin. Dengan menjaring potensi bibit-bibit muda ini, para pemenang STQ akan mewakili Kecamatan Cabangbungin pada MTQ tingkat Kabupaten Bekasi dengan pematangan dan pembinaan yang maksimal,” kata Asep Buhori.

“Melalui STQ tingkat kecamatan ini, diharapkan dapat menemukan dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat generasi muda menuju generasi Qur’ani yang unggul, cerdas, dan berahlakul karimah di masa depan.

“Perlombaan ini bukan hanya sekedar ajang persaingan dan mencari pemenang, tetapi juga tentang bagaimana generasi muda ini dapat meningkatkan potensinya serta meraih prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Itulah harapan saya,” ungkapnya.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Ketua LPTQ Kecamatan Cabangbungin, Andi Lukman, yang menambahkan bahwa jumlah peserta yang mendaftar pada tahun ini mencapai 65 peserta dari 8 desa di wilayah Kecamatan Cabangbungin, imbuhnya.

“Masing-masing desa mengirimkan lima hingga enam perwakilan, bahkan ada yang lebih dari itu. Di sini, banyak generasi muda yang memiliki potensi dan bakat di bidang Al-Quran. Kita akan melombakan mereka yang benar-benar berasal dari masyarakat Cabangbungin dengan potensi, minat, dan bakat yang luar biasa,” ujar Andi Lukman. Ia berharap kepada para juara lomba STQ tahun ini untuk memaksimalkan bakat dan potensi mereka dalam mengembangkan ajaran Al-Quran.

Selain itu, mereka diharapkan juga dapat mewakili dan mengharumkan Kecamatan Cabangbungin di tingkat yang lebih tinggi. “Harapannya, kita dapat menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda di Cabangbungin, untuk terus meningkatkan pengetahuan tentang Al-Quran dan menjaga nama baik Cabangbungin di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional,” tandasnya.

Beberapa cabang perlombaan yang akan diadakan dalam STQ tingkat Kecamatan Cabangbungin tahun ini antara lain Tilawah, Tahfidz 1 juz, Tahfidz 5 juz, Famili Qur’an, Syarhil Qur’an, Qasidah, serta Pawai Ta’aruf. Semua hal ini dilakukan dengan harapan agar generasi muda dapat terus tumbuh dan berkembang dalam pengetahuan serta pemahaman tentang Al-Quran,tutupnya (**)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!