Sejarah Rabeg

Sejarah Rabeg

Banten – Banyak versi terkait asal mula pembuatan makanan rabeg tersebut. salah satunya, Ketika Raja Banten Sultan Maulana Hasanuddin menunaikan ibadah haji. Saat itu, Sultan Hasanuddin melewati sebuah kota dan menepi di pelabuhana di tepi Laut Merah, kota tersebut bernama Rabiq (juga dieja sebagai Rabigh). Ini adalah sebuah kota kuno yang sebelumnya bernama Al Johfa. Pada awal abad ke-17, kota ini hancur karena ombak, dan dibangun kembali menjadi kota indah dengan nama baru Rabiq.

Sultan Banten sangat terkesan dengan keindahan kota itu. Beliau juga sempat bersantap dengan lahap di kota tersebut setelah berminggu-minggu mengarungi samudera. Sepulang dari Makah, kenangan tentang kota Rabiq di tanah suci itu membuat Sultan memerintahkan jurumasak sitana kesultanan Banten untuk memasak daging kambing. Karena tidak ada yang tahu bagaimana cara memasak kambing seperti di Tanah Suci, jurumasak pun mereka-reka sendiri masakan kambing yang khas. Ternyata, Sultan sangat menyukainya.

Sejak itu, masakan kambing empuk yang gurih dan beraoma harum itupun menjadi sajian wajib di istana kesultanan. Resep masakan khas itu pun perlahan diketahui oleh masyarakat, dan menjadi sajian populer yang wajib hadir di setiap perhelatan. Tak pelak lagi, nama Rabiq pun melekat pada masakan itu. Dalam perkembangannya, Rabiq pun berubah nama menjadi Rabeg dengan menyesuaikan ejaan masyarakat Banten.

Hingga sekarang, Rabeg masih menjadi sajian populer di Provinsi Banten. Di Serang, banyak warung dan rumah makan yang menyajikan masakan ini. Ada rumah makan yang menyajikan rabeg dari daging dan jerohan kambing, ada pula yang hanya menyajikan rabeg dari daging dan iga kambing.

Masakan khas Arab-Banten ini dapat ditemukan di Serang dan Cilegon, Provinsi Banten.

Dan kini sudah tersedia RABEG SULTAN kemasan pertama di BANTEN cocok untuk di konsumsi langsung atau utuk oleh-oleh khas BANTEN, yang beralamatkan di H. Deni, Cilegon
Jl. Tegal Padang No.1, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten 42434
087882444410

https://maps.app.goo.gl/RoDy1AJwcKdyX5Hr8 (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!