SMPN 7 KOTA BEKASI IKUT SUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI ANAK

SMPN 7 KOTA BEKASI IKUT SUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI ANAK

Spread the love

KOTA BEKASI – JANGKARPENA.COM Pemerintah Kota Bekasi telah memulai program vaksinasi anak usia 12 sampai dengan 17 tahun pada tanggal 04 Agustus 2021, dimana pada hari ini (06/08/2021) dilangsungkan vaksinasi anak di sekolah-sekolah pada Kecamatan Bekasi Selatan.

Salah satu sekolah di Kecamatan Bekasi Selatan, tepatnya di Kelurahan Kayuringin Jaya, yakni SMP Negeri 7, melakukan vaksinasi untuk 612 siswa/siswi dengan vaksin jenis Sinovac. Dalam pelaksanaannya, pihak SMPN 7 dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Perumnas II Kota Bekasi serta pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam proses pendaftarannya, siswa/siswi wajib mengisi formulir berisikan data diri yang disediakan oleh wali kelas melalui daring/online serta orang tua wajib menandatangani surat pernyataan sebagai bentuk persetujuan kepada anak-anaknya untuk dapat divaksin.

“Kami sediakan formulir kepada siswa/siswi secara online untuk diisi di rumah sebelum datang ke sekolah dan surat pernyataan dukungan atau surat izin wajib ditandatangani orang tua, sehingga peserta yang divaksin hari ini (06/08/2021) adalah peserta yang sudah dapat izin dari orang tua dan yang memang benar-benar belum divaksin serta yang sudah berumur 12 sampai 17 tahun.” Ujar Drs. Sukamto, M.Pd selaku Kepala SMPN 7 Kota Bekasi.

Setibanya di lokasi, siswa/siswi membawa formulir berisikan data diri dan surat pernyataan orang tua untuk diverifikasi ulang apakah sudah lengkap berkas-berkasnya dan data-datanya sudah sesuai.

Sama seperti proses vaksinasi untuk dewasa, siswa/siswi SMPN 7 juga harus melewati proses skrinning/pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan dan dokter sebelum dinyatakan lolos untuk pemberian vaksin.

Setelah pemberian vaksin, peserta pun menyerahkan kembali berkas-berkas untuk diinput ke dalam sistem nasional yang nantinya bukti vaksinasi atau kartu vaksinasi akan disampaikan melalui SMS, maka sangat penting untuk mencantumkan nomor telefon yang benar-benar aktif dan tidak ada salah tulis.

Proses pelaksanaan vaksinasi di SMPN 7 menerapkan prosedur protokol kesehatan dengan baik seperti pengecekan suhu tubuh siswa/siswi sebelum masuk ke dalam area vaksinasi, tersedianya tempat cuci tangan, serta penerapan jarak aman antar sesama peserta, lalu dengan diterapkannya pembagian waktu/sesi antara siswa/siswi kelas 7, 8, dan 9, serta orang tua yang mengantar pun hanya boleh menunggu di luar area vaksinasi sehingga tidak terjadi penumpukan orang/kerumunan.

Siswa/siswi SMPN 7 terlihat antusias dalam menjalani vaksinasi hari ini (06/08/2021). Salah satu siswa menyampaikan bahwa “divaksin itu ternyata tidak sakit sama sekali, saya sangat senang dapat kesempatan divaksin,” sebutnya. Ditambah, Ia pun berpesan agar teman-teman yang lainnya yang belum divaksin, segera mau dan siap divaksin sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dan juga Ia berharap dengan vaksinasi dapat segera kembali belajar di sekolah. (Kefas Hervin)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!