Tanggap Bencana Kekeringan, Ketua DPC Bogor Raya Instruksikan Rekan PERS untuk Ekstra Empaty Jalankan Sosial Control

Tanggap Bencana Kekeringan, Ketua DPC Bogor Raya Instruksikan Rekan PERS untuk Ekstra Empaty Jalankan Sosial Control

Spread the love

 

Kab Bogor – Jangkarpena.com Adanya informasi seorang warga dengan usia yang sudah lanjut harus berjuang hingga ratusan meter untuk mendapatkan air bersih akibat dampak bencana kekeringan di Kp Cikaung, Desa Ciujung, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, mendapat perhatian khusus dari Ketua DPc PWRI Bogor Raya, Rohmat Selamat, SH.,Mkn.

Dalam keterangan resminya, Rohmat menginstruksikan seluruh awak media yang tergabung dalam Organisasi Kewartawanan, PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Bogor Raya, untuk lebih ekstra peka menjalankan fungsi sosial controlnya, terutama soal adanya bencana kekeringan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami berharap rekan-rekan yang tergabung dalam naungan organisasi Pers PWRI DPC Bogor Raya dapat lebih mengedepankan fungsi sosial controlnya, khususnya bencana kekeringan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. Semoga fungsi sosial control kita sebagai jurnalis, turut mampu mengurangi kesulitan warga yang terdampak,” ungkap Ketua DPC PWRI Bogor Raya, Rohmat Selamat, SH,.Mkn., dalam keteranganya, Senin (21/8).

Diharapkan oleh Rohmat, setiap bentuk tulisan yang berisikan mengenai informasi update terkait bencana kekeringan dapat turut serta membantu assesment Pemkab dalam penyaluran maupun pemberian bantuan kepada korban terdampak.

“Insyallah dengan menghadirkan sisi sosial kemanusiaan makin juga menunjukkan peran positif insan PERS, terutama para rekan-rekan yang tergabung didalam DPC PWRI Bogor Raya,” tukasnya.

Lebih lanjut, Rohmat juga mendorong Pemkab melalui SKPD terkait, untuk turut juga ekstra action atas bencana kekeringan di sebagian wilayah di Kab Bogor. “Kami DPC PWRI Bogor Raya juga berharap kepada SKPD terkait, seperti BPBD dan lainnya untuk bisa memberikan fast respon ketika didapat informasi akan adanya wilayah ataupun warga yang berdampak akan bencana kekeringan ataupun bencana lainnya. Jadi terjadi ketersambungan dari pemberitaan yang kami hadirkan, dengan respon yang dilaksanakan oleh SKPD itu sendiri,” sebutnya.

“Yang pasti, hal itu utamanya untuk warga Kabupaten Bogor. Agar mendapat ketenangan dan kepastian bantuan atas musibah ataupun bencana yang dialami,” tutupnya.

Sebagai informasi, sebagian wilayah di Kp Cikaung, Desa Cibungbulang, Kabupaten Bogor sudah hampir berjalan satu bulan. Didapat informasi, baik pihak Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemkot Bogor telah beberapa kali menyalurkan air bersih ke lokasi terdampak.

Namun, jarangnya turun hujan dilokasi, mengakibatkan tingkat kebutuhan air bersih sebagian warga terdampak belum mampu terpenuhi dari bantuan yang telah disalurkan Pemkab maupun Pemkot. Realitanya, masih tampak terlihat sebagian warga yang harus berjuang menempuh jarak yang cukup jauh untuk sekedar bisa mendapat air bersih. ( J )

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!