Tzu Chi Hospital Terima Donasi Hyperlight Disinfection Robot

Tzu Chi Hospital Terima Donasi Hyperlight Disinfection Robot

Spread the love

Jakarta,Jangkarpena.com Tzu Chi Hospital menerima bantuan donasi alat kesehatan berupa satu unit Hyperlight Disinfection Robot (alat untuk mensterilkan ruangan) dari Mediland Corp melalui PT. Surgika Alkesindo yang menyuplai peralatan kesehatan di Indonesia. Donasi tersebut diserahkan pada Senin, 9 Agustus 2021 di Tzu Chi Hospital, PIK, Jakarta Utara.

Bantuan berupa Hyperlight Disinfection Robot itu dikirim langsung melalui PT. Surgika Alkesindo, sedangkan acara penyerahannya dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan dihadiri oleh CEO Mediland Corp Florence Chiang, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp.BS, dan Direktur Utama Surgika Alkesindo dr. Handy Gunawan.

Acara serah terima alat Hyperlight Disinfection Robot berlangsung secara virtual melalui Zoom dihadiri oleh Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei dan dr. Gunawan Susanto, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital.

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei sangat berterima kasih kepada Mediland Corp yang telah mendonasikan alat disinfektan UV robotic kepada RS. Tzu Chi Dalin dan RS. Tzu Chi Taitung, Taiwan. Alat ini sangat membantu dalam proses sterilisasi ruang operasi maupun ICU, efeknya sangat bagus.

“Sebenarnya Direktur Utama Midiland Corp, Ibu Chiang adalah relawan Komite Tzu Chi, karena beliau mempunyai niat baik ini, serta melihat kondisi pandemi di Indonesia yang parah, beliau bersedia mendonasikan satu unit alat disinfektan UV robotic kepada Tzu Chi Hospital di Indonesia, sedangkan Tzu Chi Hospital baru membuka Pandemic Ward,” ungkap Liu Su Mei.

Liu Su Mei mengatakan hal ini merupakan bentuk estafet cinta kasih dan akan sangat membantu dalam penanganan pasien Covid-19 di Indonesia. “Ini adalah alat yang sangat bagus, kita sangat berterima kasih kepada mereka (Mediland), dengan adanya alat ini, dapat melindungi pasien, juga dapat melindungi tenaga kesehatan kita,” ujar Liu Su Mei.

CEO Mediland Corp Florence Chiang menerima tanda penghargaan terima kasih dari Tzu Chi Hospital.

Hal senada juga disampaikan oleh dr. Gunawan Susanto, Sp.BS bahwa alat ini sangat bagus sekali untuk Tzu Chi Hospital terutama untuk Pandemic Ward. “Bantuan ini sangat membantu sekali, bisa membersihkan (mensterilkan) ruangan-ruangan, mensterilkan peralataan kesehatan,” ujar dr. Gunawan.

Dokter Gunawan mengatakan keperluan sterilisasi ini berguna untuk penanganan pasien dan tenaga kesehatan karena kemungkinan terpaparnya tenaga kesehatan sangat mudah. Lebih lanjut dr. Gunawan mengatakan ke depannya alat ini tidak hanya digunakan untuk ruang pandemisaja, namun bisa digunakan untuk ruangan-ruangan yang terpapar infeksi.

“Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Mediland Corp yang sudah membantu Tzu Chi Hospital, dalam komitmen untuk menjalankan fungsinya, ini tidak melupakan para tenaga kesehatannya juga,” ujar dr. Gunawan.

Hyperlight Disinfection Robot sedang diuji coba di salah satu ruangan di Tzu Chi Hospital.  

Mediland Hyperlight Disinfection Robot merupakan teknologi robot yang secara spesifik didesain untuk mencegah Healthcare-Associated Infection(HAI) pada setiap fasilitas kesehatan dengan menggunakan metode disinfeksi Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI).

Metode itu menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek (UVC) untuk membunuh atau menonaktifkan mikro organisme dengan menghancurkan nucleic acids dan mengganggu DNA mereka sehingga menyebabkan mereka tidak dapat melakukan fungsi selular yang vital. Mediland Hyperlight Disinfection Robot terdiri dari enam lampu amalgam ultraviolet (UV) dan teknologi reflektor berputar yang dipatenkan untuk mendistribusikan secara efektif output UVC ke area sekitarnya guna menonaktifkan dan membunuh mikro organisme. (Red)
Sumber : tzuchi.Or.Id

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!