UHN IGB Sugriwa di Mata Mahasiswa MBUISC Thailand

UHN IGB Sugriwa di Mata Mahasiswa MBUISC Thailand

Spread the love

Bangli – Sudah berjalan dua minggu, tiga mahasiswa dari Mahamakut Buddhist University Isan Campus (MBUISC) Thailand berada di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN-IGB) Sugriwa, Denpasar. Mereka sedang mengikuti program Short Course on Foundation in English Language Teaching yang sebagai wujud kerjasama kedua kampus ini.

“Kita akan berada di Bali, selama enam puluh hari. Tak terasa sudah berjalan dua minggu di Kampus Bangli. Di sini enak, nyaman, terlebih kita tinggal di asrama yang cukup representatif,” kata Tanaphat Praphun sebagai mahasiswa pada Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Inggris, MBUISC Thailand, di Bali, Jum’at (24/5/2024).

“Fasilitas asrama yang disediakan UHN sudah bagus. Bahkan, program kursus dan fasilitas kelas sudah baik. Kami merasakan serasa di Thailand. Mahasiswa dan civitas akademika cukup ramah dalam memberikan layanan,” sambung Tanaphat Praphun, yang sedang mengikuti Short Course.

Mahasiswa Thailand dengan Mahasiswa UHN IGB Sugriwa sedang belajar bersama (foto : Humas UHN)

Tanaphat Praphun juga menyampaikan bahwa selama mengikuti kelas excursion program, dia merasa dilayani dengan sangat baik oleh pihak Kampus Hindu Negeri Pertama di Indonesia ini.

Selain Tanaphat Praphun, rekannya Natthawut Khlaidet dan Kamanaprueth Chincha juga merasakan hal yang sama. Mereka ingin berlama-lama berada di kampus UHN IGB Sugriwa. “Banyak pengalaman yang kami dapatkan di UHN, yang nantinya akan kami bawa dan ceritakan di Thailand kepada mahasiswa di sana,” kata Kamanaprueth Chincha.

Koordinator Pusat Urusan Internasional, UHN IGB Sugriwa, Made Wahyu Mahendra menyampaikan bahwa sejak kedatangan tiga mahasiswa MBUISC Thailand, mereka sudah dan sedang mengikuti dua pokok program yaitu Academic Program dan Excursion Program.

“Didalam kelas mereka belajar bersama mahasiswa lokal pada beberapa mata kuliah fundamental dalam peningkatan kompetensi bahasa Inggris. Mereka juga diperkenalkan adat istiadat, budaya, agama, dan keindahan alam Bali,” kata Made Wahyu Mahendra.

Mahasiswa Thailand dengan Mahasiswa UHN IGB Sugriwa sedang belajar adat budaya (foto : Humas UHN)

Made Wahyu Mahendra juga menyampaikan bahwa Mahasiswa MBUISC Thailand ini sudah mengikuti program seperti creative writing, fundamental grammar, sociolinguistics, dan advanced speaking. Tidak berhenti sampai disana, mereka juga melihat alam dan budaya bali dari dekat seperti kunjungan ke Kaldera Batur, air terjun Blangsinga, pelatihan membuat sarana Upakara seperti Canang sari, dan masih banyak lagi.

“Secara umum mahasiswa asing mengaku terkesan selama berada di UHN IGB Sugriwa. Terimakasih yang mendalam kepada seluruh pihak yang membantu, baik dari unsur Pimpinan hingga Prodi dan civitas akademika. Ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga mampu meningkatkan citra lembaga di mata internasional. Bahkan dari program ini juga menjadi basis UHN untuk menyiapkan program lain yang lebih besar seperti Summer School program dalam waktu dekat,” tutup Made Wahyu Mahendra. (****)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!