Ziarah Wali Songo dan Ulama Nusantara Perkuat Ukhuwah Antarsesama

Ziarah Wali Songo dan Ulama Nusantara Perkuat Ukhuwah Antarsesama

Spread the love

Depok, jangkarpena.com – Ziarah ke makam para wali dan ulama serta pahlawan nasional pejuang kemerdekaan Republik Indonesia merupakan wujud menjaga kerukunan bangsa dengan cara berdoa, berdzikir dan mengamalkan amalan soleh sebagai upaya memperkuat tali persaudaraan (ukhuwah) antarsesama.

Seperti yang dilaksanakan oleh Pengurus Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok yang telah menziarahi makam-makam wali songo, ulama nusantara serta pahlawan pendiri bangsa Indonesia. Pelaksanaan ziarah tersebut dimulai dari 9 sampai 12 Mei 2024.

Ketua PC Fatayat NU Kota Depok, Ade Rina Farida, menyampaikan bahwa pelaksanaan zirah merupakan wujud untuk mempererat tali kekeluargaan antarsesama, menjunjung nilai-nilai positif untuk kemaslahatan umat, dan bersama-sama mendoakan para pendiri bangsa supaya Indonesia tetap menjadi negara yang rukun.

“Ziarah itu dilakukan untuk mendoakan para wali dan pendiri bangsa Indonesia serta pahlawan nasional. Selain itu, momen itu juga dijadikan ajang silaturahmi sebagai wujud mempererat tali persaudaran dan kerukunan antarsesama,” ujar Ade.

Ia menuturkan bahwa ziarah dilakukan untuk menyambangi makam-makam ulama dan pendahulu bangsa yang telah menjadikan negara Indonesia dapat berdiri dengan kokoh, makmur dan saling toleransi antarsesama.

Ketua panitia pelaksanaan ziarah PC Fatayat NU Kota Depok, Lilik Thomafi, menyampaikan bahwa ziarah tersebut diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti guru, dosen, pelajar mahasiswa, dan masyarakat sipil lainnya,

“Ziarah dan rekreasi yang diselenggarakan oleh PC Fatayat NU Kota Depok itu diikuti oleh 53 peserta dan Alhamdulillah terimakasih dan syukur kami panjatkan kepada Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk bisa melakukan perjalanan yang insya Allah penuh berkah,” ujar Lilik saat memberikan keterangannya pada Senin, (13/4/2024).

Lilik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya mengikuti kegiatan ziarah. Terima kasih pula kepada para donator yang telah menyukseskan acara ziarah dan rekreasi tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar.

“Perjalanan ziarah dan rekreasi yangg tidak mudah untuk sahabat-sahabat Fatayat, harus rela mengorbankan beberapa kegiatan dan juga meninggalkan keluarga selama beberapa hari. Terima kasih yang telah berpartisipasi dalam Zarkasi 2024, baik peserta, donatur maupun sahabat-sahabat PC yang mendoakan agenda itu sehingga dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Berkah untuk UMKM

Selain itu, ziarah yang dilakukan selama empat hari itu juga memberikan kebermanfaatan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di lokasi ziarah.

Salah satu penjual pernak pernik dari bahan alam yang ada di area makam KH Abdurrahman Wahid atau Presiden ke-4 Republik Indonesia (Gus Dur), Andri, menyampaikan bahwa dengan adanya para peziarah ia dapat mempromosikan produk UMKM lokal yang bisa dibeli oleh masyarakat luas.

Alhamdulilah mas produk-produk lokal kami sangat diminati oleh para peziarah yang berkunjung ke makam Gus Dur atau Presiden Keempat Abdurrahman Wahid. Saya merasa senang dan terbantu kerena dapat mempromisikan kepada para peziarah dengan keunikan produk lokal yang kami hadirkan ini dan bisa terkenang oleh peziarah Ketika Kembali pulang ke daerah asalnya,” ujar Andri.

Berdasarkan informasi yang InfoPublik terima dari keterangan tertulis panita ziarah PC Fatayat NU Kota Depok, berikut adalah daftar makam yang telah diziarahi oleh para peziarah PC Fatayat NU Kota Depok:

  1. Ziarah Maqbaroh Sunan Gunung Jati.
  2. Ziarah Maqbaroh Habaib di Sapuro Pekalongan.
  3. Ziarah Maqbaroh Sunan Kalijaga Demak.
  4. Ziarah Maqbaroh Sunan Kudus.
  5. Ziarah Maqbaroh KHR. Asnawi Kudus.
  6. Silaturahim keluarga Pesantren Al-Hamidiyyah Lasem.
  7. Ziarah Maqbaroh KH.A.Thoyfoer dan Ibu Nyai Hj. Muhimmah (Pendiri pesantren Alhamidiyyah Lasem)
  8. Ziarah Maqbaroh Mbah Sambu Lasem
  9. Ziarah Maqbaroh Mbah Ma’shum Lasem (Pendiri NU)
  10. Ziarah Maqbaroh KH. Baidlowi Lasem
  11. Ziarah Maqbaroh Sunan Bonang Tuban
  12. Ziarah Maqbaroh Sunan Drajat Lamongan
  13. Ziarah Maqbaroh Sunan Gresik
  14. Ziarah Maqbaroh Syaikhona Kholil Bangkalan
  15. Rekreasi ke Bukit Jaddih Bangkalan Madura
  16. Ziarah Maqbaroh Sunan Ampel Surabaya
  17. Ziarah Maqbaroh Mbah Sholeh Surabaya
  18. Ziarah Maqbaroh KH. Hasan Gipo Surabaya
  19. Ziarah Maqbaroh KH. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
  20. Silaturahim Pesantren Al-Muhajirin 3 Tambak beras Jombang
  21. Ziarah Maqbaroh KH. Bisri Syansuri Denanyar Jombang
  22. Silaturahim Dzurriyah KH. Bisri Syansuri Denanyar Jombang
  23. Ziarah Maqbaroh KH. Abdurrahman Wahid (Presiden Ke-4 Republik Indonesia) diTebuireng Jombang
  24. Ziarah Maqbaroh KH. Hasyim Asy’ari (Pahlawan Nasional) di Tebuireng Jombang
  25. Ziarah Maqbaroh KH. Wahid Hasyim (Pahlawan nasional) di Tebuireng Jombang
  26. Ziarah Maqbaroh KH. Shalahudin Wahid Tebuireng Jombang

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!