Danrem 133/NWB Brigjen TNI Hari Pahlawantoro Disambut Adat Mopotilolo Saat Tiba di Makorem

Danrem 133/NWB Brigjen TNI Hari Pahlawantoro Disambut Adat Mopotilolo Saat Tiba di Makorem

Spread the love

Kabupaten Gorontalo, Jangkarpena.com – Komandan Resort Militer (Danrem) 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, diterima secara adat Mopotilolo saat tiba pertama kali di Makorem, Senin (6/5/2024). Brigjen Hari tiba bersama sang istri, Ny. Rini Hari Pahlawantoro, dan disambut oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Pudji Prasetijanto, serta unsur Forkopimda.

Mopotilolo merupakan rangkaian upacara adat untuk menyambut setiap pejabat tinggi negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan tersebut dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Tahapan adat pertama yakni mopodungga lo adati yang berisi kata-kata bijak dalam bahasa Gorontalo.

Tahapan penting lainnya yakni mopodungga lo uyilumo, atau mempersilakan minum. Danrem disuguhi makanan dan minuman yang terbaik dari lima anasir, yakni tanah, air, api dan udara.

Mopotilolo diakhiri dengan prosesi mongabi atau pernyataan secara resmi dari tokoh adat bahwa pejabat yang disambut dengan adat telah mendapat restu untuk berkunjung ke Gorontalo.

Ismail Pakaya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat menyambut baik kehadiran Danrem 133/NW yang baru. Ia berharap Brigjen Hari bisa melanjutkan hal baik pendahulunya dan meningkatkan hal-hal yang masih kurang.

Brigjen TNI Hari sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Darat. Alumni Akmil 1992 itu menggantikan posisi Brigjen TNI Totok Sulistyono yang kini menjabat Direktur Penelitian dan Pengembangan Pusat Teritorial Angkatan Darat. (mcgisam)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!