Ketua Tim PKK Jawa Timur Dan Ketua Tim PKK Kabupaten Trenggalek Mengajak Masyarakat Budayakan GEMARIKAN

Ketua Tim PKK Jawa Timur Dan Ketua Tim PKK Kabupaten Trenggalek Mengajak Masyarakat Budayakan GEMARIKAN

Spread the love

Trenggalek – Bersama ini kami sampaikan bahwa, dalam rangka pelksanaan kegiatan sosialisasi GEMARIKAN dari tim penggerak PKK provinsi jawa timur, untuk meningkatkan gizi anak sekolah di wilayah yang memiliki angka stunting tinggi, di wilayah tersebut, yang di laksanakan di balai desa jombok kecamatan pule Kabupaten Trenggalek. Kamis (14/07/2022)

Ketua PKK Trenggalek Novita Hardini,SE.,mengatakan bahwa,harus lebih semangat lagi, memvariasikan menu ikan kepada anak-anak di setiap keluarga. dengan target yang sudah di tetapkan oleh WHO yaitu,2,5 persen, yang mengatakan bebas stunting. dan kita harus terus mengejar target stunting tersebut. dengan melalui program-program yang di adakan oleh PKK,seluruh OPD serta jajaran kader lainnya, untuk mengkampanyekan GEMARIKAN untuk kebutuhan konsumsi anak-anak.

Ketua PKK Jawa timur Arumi Bachsin mengatakan bahwa, angka konsumsi ikan di Kabupaten Trenggalek setiap tahunnya mengalami peningkatan, dan dapat dilihat pada tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2019 sebesar 30,10 kg/tahun dan meningkat pada tahun 2020 menjadi 31,34 kg/tahun dan meningkat lagi pada tahun 2021 angka konsumsi ikan di kabupaten Trenggalek menjadi 31,60 kg/tahun.

“Akan tetapi angka itu ,masih relatif rendah di banding angka konsumsi ikan di provinsi jawa timur, yang pada tahun 2019 ini mencapai 40,48 kg/tahun ,meningkat di tahun 2020 sebesar 41,44 kg/tahun dan pada tahun 2021 meningkat lagi menjadi 42,45 kg/tahun. maka dari itu kita harus bisa meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Trenggalek,”ungkapnya

Kampanye GEMARIKAN kali ini dilaksanakan dengan sasaran 81 anak SD di kecamatan Pule, yang berasal dari SDN 3 Jombok. serta berdasarkan data lokus stunting tahun 2021, di trenggalek bahwa kecamatan pule memiliki 309 jumlah anak stunting dengan tingkat prevalensi 12,3%.

“Harapan kami, keluarga dan anak-anak di kecamatan pule dapat mengkonsumsi ikan, sebagai menu utama keluarga, agar tumbuh sehat,kuat dan cerdas, sehingga tidak ada lagi stunting di kecamatan pule dan kecamatan lainnya,”pungkasnya

PJ.Sekda Trenggalek Dr.Andriyanto,SH,M.Kes. menambahkan bahwa, mengapa makan ikan itu penting? karena ikan merupakan salah satu sumber protein hewani ,yang paling unggul di bandingkan dengan yang laun. kandungan gizi, pada ikan sangat lengkap mulai dari protein, vitamin,dan mineral yang sangat penting bagi perkembangan anak . utamannya pada 1.000 hari pertama kehidupan. serta menjadi SDM unggul “bahan baku” tepenting dalam pembangunan di indonesia.

Saya cukup bangga, dengan angka konsumsi ikan (AKI) di kabupaten Trenggalek, yang terus meningkat setiap tahunnya.hal ini bisa dimaklumi bahwa di trenggalek memiliki sumber daya ikan yang berlimpah dengan adannya laut selatan kita,dengan panjang 96 km.

“Dengan ini kami, mengajak seluruh pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama terus bersinergi dan berkolaborasi, dalam menurunkan angka stunting di kabupaten trenggalek,”tutupnya (Ag)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!