Puluhan Peserta Penggiat Arus Deras Jajal Sungai Cimanuk

Puluhan Peserta Penggiat Arus Deras Jajal Sungai Cimanuk

Spread the love

KAB. GARUT – Kabupaten Garut menjadi saksi kegiatan Halalbihalal Part 3 Penggiat Arus Deras Indonesia, yang diikuti oleh lebih dari 80 peserta dari berbagai daerah; dari Garut, Bandung, Tasikmalaya, hingga Yogyakarta.

Acara yang berlangsung pada tanggal 4-5 Mei 2024 ini, diselenggarakan oleh Indonesian Riverboarding Association (IRA).

Pada hari pertama, para peserta menginap di Edu Wisata Perlebahan Gunung Guntur, di mana mereka mengikuti sharing sessions yang membahas prosedur keamanan (yang membahas prosedur keamanan (safety procedure) dalam melakukan pengarungan, berbagi pengalaman, dan hiburan bersama band asal Papua. Kegiatan ini juga diakhiri dengan doa bersama untuk penggiat yang telah meninggal dunia.

Hari kedua, para peserta melakukan pengarungan di Sungai Cimanuk, dimulai dari Kampung Jager Desa Sukaratu hingga mencapai finish di Kampung Patrol Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Para peserta secara khusus diantar-jemput ke lokasi pengarungan dengan menggunakan mobil Pesona Garut (Sonagar).

Dengan jarak tempuh sejauh 9 kilometer, peserta menggunakan berbagai media pengarungan, mulai dari arung jeram dengan perahu karet, boarding, hingga kayak.

Salah satu peserta Krisna Bintang (23) dari Yogyakarta, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh IRA ini dan menikmati pengalaman mengarungi Sungai Cimanuk dengan kayak yang dibawa langsung dari Yogyakarta.

“Ya menyenangkan ya (ketika mengarung di Sungai Cimanuk), walaupun debit airnya sedang kecil tapi tetap menyenangkanlah selalu menyenangkan Sungai Cimanuk,” kata Bintang ketika diwawancara di Edu Wisata Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Minggu (5/5/2024).

Ia berharap IRA bisa rutin menyelenggarakan kegiatan seperti ini, bahkan bisa dilaksanakan di daerah-daerah lain di luar pulau Jawa.

Erwin Ramdani dari Jenggala juga merasa bersyukur dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan para penggiat arus deras, serta menikmati pengarungan sungai bersama.

“Alhamdulillah selama pengarungan kita enjoy, bahagia, senang, bisa bersama-sama mengarungi sampai finish, selamat sampai tujuan, selamat semuanya dalam keadaan sehat, terimakasih salam sejajar,” ucapnya.

Ketua Pelaksana Acara Husni Dinika mengapresiasi kepada para pendukung acara, terutama Bank BJB sebagai sponsor utama, serta berharap kegiatan ini dapat memperkuat tali persaudaraan antar penggiat arus deras dan mempromosikan wisata arung jeram Kabupaten Garut.

Ia pun mengungkapkan dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi semua penggiat arus deras untuk semakin merajut tali kebersamaan dsn persaudaraan antar sesama penggiat.

Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang promosi wisata bagi Kabupaten Garut, khususnya wisata arung jeram, di mana venue arung jeram Kabupaten Garut memang sudah terkenal sejak lama, bahkan sering dijadikan lokasi pertandingan baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Mudah-mudahan momentum ini bisa menjadi salah satu ajang promosi wisata Kabupaten Garut,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!