Terkait Stok darah Menipis di Kota Bekasi, Pdt. Djajang Buntoro, MTh : Menjaga Toleransi dan Kerukunan dengan Aksi Donor Darah.

Terkait Stok darah Menipis di Kota Bekasi, Pdt. Djajang Buntoro, MTh : Menjaga Toleransi dan Kerukunan dengan Aksi Donor Darah.

Spread the love

Kota Bekasi,Jangkarpena.com Gereja – Gereja se Galaxi Bekasi Selatan melaksanakan  Aksi kemanusiaan melalui kegiatan donor darah yang dilakukan pada  hari Minggu (9/5). Bakti sosial yang bekerja sama dengan PMI kota Bekasi berhasil menjaring 100 pendonor.

Para pendonor yang terdiri dari pengurus dan jemaat GBKP Galaxi, Gereja Methodist, Gereja Victory Hope Bekasi, GMAHK, GPIB Galilea, GBI Power, dan Gereja Toraja Galaxi serta  Gereja lain yang berdomisili di kawasan Galaxi,  Para pendonor yang terdiri dari para jemaat Gereja terlihat Antusias  mengikuti Darma Bakti Kemanusiaan donor darah tersebut.

Berkaitan Aksi kemanusiaan tersebut , Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi Abdul Manan mengapresiasi untuk Gabungan Gereja – Gereja Se Galaxi,  dan beliau  juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap sikap kebersamaan yang ditunjukkan Umat Nasrani yang begitu peduli untuk membantu sesama umat manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan golongan. “Setetes darah yang kita sumbangkan pasti memberikan mamfaat luar biasa dan bisa menolong nyawa bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

demikian juga hal senada yang disampaikan oleh Pembimas Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi M Manik di lokasi yang berbeda. Bahwa pihaknya secara tegas mendukung aksi donor darah tersebut, karena hal itu adalah  sebagai wujud rasa empati antar umat beragama khususnya di Kota Bekasi.

Pdt Djajang Buntoro, M.Th Sebagai  penggagas dalam  aksi kemanusiaan ini,  menjelaskan bahwa Aksi donor darah ini menindaklanjuti Surat FKUB tertanggal 13 April 2021 terkait penggalangan donor darah untuk mendukung program kerja PMI.

“Kami sangat prihatin karena tingkat kebutuhan darah sehat begitu tinggi sedangkan ketersediaan darah sehat semakin menipis. Makanya kami dari gabungan gereja yang ada di kawasan Galaxi ini sepakat untuk melaksanakan aksi donor darah ini,  yang akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya, dengan di dampingi oleh Pdt Saul Ginting dari GBKP Galaxi selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan dan Pdt Ompon Tambunan dari Gereja Metodis seta  Ketua FKGG Thomson Sihombing.

Dengan tegas Djajang mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai salah  satu bukti  bahwa kami umat Nasrani menjaga  keharmonisan  dan toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Bekasi. “Kami peduli, kami memberi, untuk seluruh umat, tak ada yang kami beda-bedakan sesuai semangat kami dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Kota Bekasi,” tegasnya (Romo Kefas)

Leave a Reply

error: Content is protected !!