Kota Jambi Deflasi 0,05 Persen pada April, Cabai Merah hingga Ikan Gabus Ikut Andil

Kota Jambi Deflasi 0,05 Persen pada April, Cabai Merah hingga Ikan Gabus Ikut Andil

Spread the love

Jambi, jangkarpena.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jambi mencatat, pada April 2024 Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,05 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Sedangkan secara tahunan (year-on-year/yoy) terjadi inflasi 3,39%, lebih rendah dibanding inflasi yoy Maret 2024 yang sebesar 3,41%.

“April 2024 Kota Jambi mengalami deflasi atas inflasi month-to-month sebesar -0,05%, setelah sebelumnya sejak awal tahun Kota Jambi mengalami inflasi,” jelas Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Jambi, Hendra, dalam siaran pers, Jumat (3/5/2024).

Deflasi tersebut menurut Hendra disumbang oleh komoditas utama, yaitu makanan, minuman, dan tembakau, dengan andil 0,34%.

“Adapun komoditas penyumbang utama deflasi di Kota Jambi pada bulan April adalah cabai merah, kangkung, udang basah, cabai rawit, cabai hijau, tomat, bayam, telur ayam ras, kacang panjang dan ikan gabus. Komoditas tersebut masuk dalam kelompok makanan, minuman dan tembakau,” bebernya.

Sedangkan untuk inflasi yoy, juga disumbang oleh beberapa komoditas yang banyak dikonsumsi atau pengeluaran masyarakat dalam menyambut Idulfitri.

“Seperti daging ayam ras, beras, bawang merah, transportasi angkutan udara, tarif kendaraan travel, pemeliharaan atau service kendaraan, emas perhiasan, sabun mandi dan lipstik,” urainya.

Menurut Hendra, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terus memantau fluktuasi harga beberapa komoditas yang saat ini melonjak naik seperti bawang merah dan cabai merah.

“Bawang merah dan cabai merah terus menjadi perhatian kami karena fluktuasi harganya cepat berubah setiap hari,” ungkapnya.

Dia menyatakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jambi senantiasa melakukan pencatatan harga beberapa komoditas penting.

“Kami pantau bawang merah cenderung naik namun masih dalam kisaran harga yang lebih rendah dibanding harga rata-rata bulan sebelumnya. Untuk cabai juga cenderung aman harganya,” ungkap Hendra.

Sekretaris Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi itu juga menyampaikan, Pemkot Jambi pekan depan akan melaksanakan operasi pasar murah bawang merah di sejumlah pasar di Kota Jambi.

“Pemkot Jambi telah bekerja sama dengan Pemkab Brebes (Jawa Tengah), di mana kami melakukan pembelian bawang merah untuk operasi pasar di Kota Jambi. Operasi pasar akan kita mulai Senin pekan depan,” tuturnya.

“Operasi pasar ini bertujuan untuk stabilisasi harga dan membantu menghemat pengeluaran masyarakat yang akan membeli bawang merah dalam kondisi harga yang agak tinggi,” pungkas Hendra. (RK)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!