Media Kenalkan Nilai Moral pada Anak, Dongeng Jadi Investasi Jangka Panjang

Media Kenalkan Nilai Moral pada Anak, Dongeng Jadi Investasi Jangka Panjang

Spread the love

WONOSOBO – Aktivitas mendongeng bisa menjadi bagian dari pengembangan karakter anak. Bahkan, mendongeng menjadi salah satu metode efektif, untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan literasi anak usia dini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo, Musofa, menyebutkan, melalui cerita-cerita yang menarik, anak-anak tidak hanya dibawa dalam petualangan imajinatif, tetapi juga dibekali dengan kosakata baru, pemahaman tentang struktur narasi, dan nilai-nilai moral yang penting.

“Penguatan literasi melalui mendongeng, merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan SDM berkualitas. Anak-anak yang terbiasa mendengar cerita sejak usia dini, memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik, daya imajinasi yang lebih kuat, dan memiliki landasan moral yang kokoh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujarnya, pada acara Workshop Mendongeng bagi Guru PAUD se-Kabupaten Wonosobo di Gedung Korpri, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, kegiatan pelatihan mendongeng tersebut diikuti oleh 667 orang guru PAUD, dari berbagai sekolah di Kabupaten Wonosobo. Mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam mendongeng, agar dapat menjadi fasilitator yang lebih efektif dalam memperkuat literasi anak-anak di kelas.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah langkah positif menuju masyarakat yang lebih cerdas, kreatif, dan berbudaya literasi. Selain itu, dengan semangat kolaborasi antara pemerintah, pendidik, dan masyarakat, penguatan literasi melalui mendongeng, juga akan menjadi landasan kuat bagi pembentukan SDM berkualitas, yang siap bersaing di era globalisasi.

“Semoga workshop ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru dalam melanjutkan perjuangan kita, dalam mempersiapkan SDM berkualitas bagi masa depan Kabupaten Wonosobo yang lebih gemilang,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, menyampaikan, usia dini adalah merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak. Karenanya, pendidik PAUD memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dan besar, dalam membentuk dasar-dasar pendidikan anak sejak usia dini.

“Pendidik PAUD harus memiliki kompetensi profesional, dengan harus menguasai ilmu perkembangan psikologi anak, sesuai tingkat fase perkembangan anak,” ujar Dyah.

Dyah menekankan, mendongeng merupakan investasi jangka panjang, yang akan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan pendidikan dan pembangunan di Kabupaten Wonosobo.

“Saya titip pesan, tingkatkan kerja sama yang baik dan sinergis, antara Bunda PAUD kabupaten, kecamatan dan desa, serta terus lakukan komunikasi dengan seluruh pendidik anak usia dini. Tingkatkan motivasi para pendidik anak usia dini, agar dapat meningkatkan kualitas kerja sama dengan semua komponen pendidikan yang ada,” pungkasnya.

(***)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!