Guna Menunjang Kompetensi Bahasa,SMKN 01 Tulungagung Mewajibkan Siswa Berbahasa Inggris Seperempat Jam Sebelum Jam pelajaran Dimulai.

Guna Menunjang Kompetensi Bahasa,SMKN 01 Tulungagung Mewajibkan Siswa Berbahasa Inggris Seperempat Jam Sebelum Jam pelajaran Dimulai.

Spread the love

.Tulungagung – JP NEWS Inovasi pendidikan merupakan hal yang diperlukan untuk mendapatkan mutu anak didik yang baik. Sebagai contohnya adalah progam bahasa yang dilakukan dilingkup pendidikan SMKN 01 Tulungagung.

Kendala komunikasi yang selama ini ditemui adalah kendala komunikasi yang memakai bahasa asing, khusunya bahasa inggris, sebagai bahasa internasional,pengantar dalam berbagai hal, khususnya dalam dunia kerja. Penguasaan bahasa seharusnya diperkenalkan sejak dini, agar siswa setelah keluar dari SMK dan masuk didunia kerja tidak memiliki kendala bahasa, ketika skill berbahasanya dilatih dengan baik, hal ini diungkapkan oleh Mohari kepala sekolah SMKN 01 Tulungagung ketika ditemui Jangkarpena senin (16/01/23),di ruang kerjanya,

” Kemampuan berbahasa penting sekali, sebab skill yang satu ini amat menunjang siswa dalam belajar mengenal berbagai istilah tehnik dalam dunia pertanian”, jelasnya.

Selain menjelaskan tentang pentingnya kompetensi siswa dalam berbahasa, Mohari juga menerangkan berbagai hal yang sudah dilakukan dilingkungan sekolahnya salah satunya adalah mewajibkan siswa membaca cerita dalam bahasa inggris, seperempat jam sebelum pelajaran dimulai,

” Kita mewajibkan seluruh siswa dikelasnya masing masing membaca cerita berbahasa inggris seperempat jam sebelum pelajaran dimulai, hal ini merangsang siswa untuk membiasakan siswa berucap dan menambah perbendaharaan kata( Vocabulary) dan pengucapan ( pronounsation)”, tuturnya.

Mohari mengatakan bahwa progam ini masih ada di SMKN 01 Tulungagung, sebab selama ini Lulusan dari SMKN secara soft skill bagus, dan tehnik sesuai jurusanya ,tetapi kurang diimbangi dengan kemampuan bahasa makanya dibuatlah progam khusus agar kwalitas lulusan bisa lebih bermutu dan siap berkompetisi didunia kerja baik dalam maupun luarnegeri,

” Progam penguatan berbahasa sangatlah penting sebab output sekolah yang berbasis pertanian ini, selain terakses kerja didalam negeri, juga ke luar negeri,selain Bahasa inggris juga diajarkan Bahasa jepang, dan selanjutnya progam bahasa mandarin”,imbuhnya.

Meskipun sekolah belum dilengkapi dengan laboratorium bahasa, Mohari mengatakan itu bukan suatu kendala,sebab kita bisa memanfaatkan tehnologi dan konten konten di youtube tentang pelajaraan bahasa inggris, sementara menggunakan TV yang ada di perpustakaan,

” Kita belum ada Fasilitas laboratorium bahasa, tetapi kita manfaatkan TV, gadget, dan membiasakan siswa berucap, membaca, mendengar bahasa inggris, sebagai jalan menambah Vocabulary sebagai dasar berbahasa” tutur kepala sekolah yang selalu berinovasi dan penggemar cerita berbahasa inggris ini.

Guna merangsang siswa belajar siswa dan mengetahui bakat serta minat Mohari menyediakan reward khusus bagi siswa berprestasi dalam bahasa inggris dengan memberikan apresiasi berupa kamus bahasa inggris lengkap karangan Hasan sadilly / john M echoll,

” Kemarin pada classmetting ada lomba pidato, bercerita, dalam bahasa inggris sebagai hadiah dari pribadi saya, yaitu berupa kamus, biar bisa untuk lebih mengasah kemampuan bahasa mereka”,ucapnya.(hur)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!