Kasrem 072/Pamungkas Sholat Idul Adha di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Kasrem 072/Pamungkas Sholat Idul Adha di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Spread the love

Yogyakarta,Jangkarpena.news – Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P. bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan Sholat Idul Adha Tahun 1444 H/2023 M, bertempat di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamis, (29/6/2023).

Tepat pukul 06.30 WIB, Sholat Idul Adha dimulai, dengan dipimpin oleh imam Drs H. Jauhar Mustofa dari Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Selesai Sholat Idul Adha, Jauhar Mustofa yang juga bertindak sebagai khatib menyampaikan khotbahnya yang bertema “Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS”. Dalam khotbahnya, khatib mengajak seluruh jemaah untuk meneladani sikap tawakal, tawadu, dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS untuk berkurban.

“Hal ini adalah memenuhi perintah Allah SWT untuk selalu bersyukur, menegakkan Sholat dan berkurban, maka sudah seharusnya momentum hari ini kita syukuri dengan mengagungkan asma Allah, bertakbir, bertahmid, bertasbih dan bertahlil,” ujar khatib.

Lebih lanjut Drs H. Jauhar Mustofa juga menyampaikan hikmah dari disyariatkannya Idul Adha dan berkurban yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Hikmah tersebut antara lain menjaga totalitas dalam beribadah, menjalankan dan menaati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, menambah keimanan dan ketakwaan, hingga berbagi dengan kaum duafa.

“Harta yang kita miliki hanyalah titipan dan amanah dari-Nya, yang harus dijaga, dikelola, dimanfaatkan, dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya bagi kemaslahatan umat Islam,” tandasnya.

Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning mengucapkan selamat Hari Raya Sholat Idul Adha Tahun 1444 H/2023 M semoga momentum perayaan Idul Adha bisa meneladani sikap Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS untuk berkurban.

Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning selaku Dansatgas Pamwil Presiden RI menegaskan kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai SOP yang berlaku, sehingga selama kunjungan Presiden RI di wilayah Korem 072/Pamungkas dapat berlangsung dengan tertib, lancar dan aman.

“Laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan SOP pengamanan Presiden RI, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berlangsung dengan aman dan nyaman,” tegasnya.

Sholat Idul Adha di ikuti oleh, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Danlanal Yka Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, Asintel Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bram Pramudia, Asops Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf I Ketut Mertha Gunarda, para Kasi Kasrem 072/Pamungkas, Wakapendam IV/Diponegoro, Dandim 0734/Kota Yogyakarta, Forkopimda DIY, anggota Makorem 072/Pamungkas dan warga sekitar.

HS

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!