Bakar Tongkang Tradisi Legenda Bagan Siapiapi Rokan Hilir

Bakar Tongkang Tradisi Legenda Bagan Siapiapi Rokan Hilir

Spread the love

ROKAN HILIR – JANGKARPENA.COM Tradisi bakar tongkang di masyarkat tionghoa Bagan siap-api rokan Hilir, terlihat sangat antusias masyarakat saat itu sudah memadati Bagan siapi-api.

Kendati acara tradisi ini masih beberapa hari lagi, Acara bakar tongkang merupakan ritual tahunan yang dilakukan sejak 134 tahun lampau.

Seperti yang telah diketahui ritual ini bertujuan untuk mengenang nenek moyang Etnis Tionghoa yang tinggal di Bagan siapi-api, sebagai bentuk rasa syukur karena menurutnya para dewa telah melindungi nenek moyang mereka selama dalam perjalanan dan selamat sampai di Bagan siapi-api

Ritual bakar tongkang menjadi tradisi unik yang melegenda bagi masyarakat Tionghoa di Bagan siapi-api, Rokan Hilir, Riau.

Ritual tersebut sarat akan budaya Tionghoa yang melekat sejak ratusan tahun lalu dan menjadi salah satu wisata andalan Bumi Lancang Kuning.

“Awalnya, transmigrasi masyarakat Tionghoa ke Riau menjadi asal mula adanya budaya tersebut.

Ritual Bakar Tongkang adalah sebuah ritual tahunan masyarakat Bagan siapi-api yang telah terkenal di mancanegara dan masuk dalam kalender visit Indonesia.(Red )

Di Tulis oleh Rizal Salah Satu Fungsioneris AWDI hasil dari berberbagi Sumber
Editor #RomoKefas

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!