Festival Pacu Jalur 2021, Pemkab Kuansing Koordinasi dengan Kemenparekraf RI

Festival Pacu Jalur 2021, Pemkab Kuansing Koordinasi dengan Kemenparekraf RI

Spread the love

Telukkuantan, Jangkarpena.com – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau masih mengoordinasikan penetapan jadwal pelaksanaan Festival Pacu Jalur 2021, mulai tingkat rayon hingga tingkat Nasional, karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kuansing, Dianto Mampanini menyatakan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya, Pemerintah Provinsi Riau, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Satgas COVID-19 dan aparat Kepolisian RI.

“Jadi atau tidaknya pelaksanaan Festival Pacu Jalur tahun ini tergantung hasil koordinasi dengan instansi tersebut. Dinas Pariwisata Kuansing masih mengoordinasikannya,” kata Dianto Mampanini, di Telukkuantan, Senin (15/3/2021).

Masyarakat Kuansing sangat merindukan pelaksanaan Pacu Jalur. Sebab, tahun lalu event budaya terbesar di Riau ini tidak dapat dilaksanakan seiring mewabahnya virus corona.

Sama seperti tahun lalu, tahun ini Pemkab Kuansing melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) telah menganggarkan Pacu Jalur. Pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021, Pacu Jalur dianggarkan Rp1,1 miliar.

Menurut Indra Suandy, Kepala Disparbud Kuansing, anggaran tersebut digunakan untuk pelaksanaan Pacu Jalur tingkat rayon hingga tingkat Nasional.

Pelaksanaan event Pacu Jalur terdiri atas empat rayon yang digilir di setiap kecamatan. Sedangkan tingkat Nasional dilakukan di Tepian Narosa Telukkuantan pada Agustus setiap tahunnya. (RF/JP)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!