Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Spread the love

Sumenep , jangkarpena.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Program mudik gratis ini menggunakan kapal negara patroli KN. Chundamani P.116 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak yang diberangkatkan pada Kamis (4/4) pukul 09.00 WITA yang mengangkut 80 penumpang.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi mengatakan, dalam mendukung dan mengantisipasi lonjakan periode mudik Lebaran 2024, Pemerintah melalui Kemenhub berkomitmen menjamin kelancaran Angkutan Lebaran 2024 dengan melibatkan kapal-kapal negara yang selalu siap siaga, termasuk kapal patroli KPLP KN. Chundamani P. 116 yang dikomandani oleh Capt. Subairi dan 20 orang ABK.

“Hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi adanya lonjakan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri, termasuk pada moda transportasi laut yang memerlukan penanganan khusus, agar perjalanan mudik Lebaran dapat tetap berjalan dengan aman, nyaman dan selamat,” ujar Jon Kenedi sebagaimana dikutip jangkarpena.com pada Jumat (5/4/2024).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, tidak ada tarif yang dikenakan untuk penumpang alias gratis karena kapal yang digunakan merupakan kapal negara. Selain kapal patroli KPLP, dua kapal kenavigasian juga turut mengangkut pemudik gratis, yakni KN. Nusa Penida dan KN. Mizan.

“Dengan adanya kapal bantuan dari Kemenhub, diharapkan dapat mengangkut seluruh pemudik gratis dari Bali menuju Pulau Raas dan dapat mengurangi penumpukan penumpang,” imbuhnya.

Jon Kenedi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini, termasuk kepada jajaran Ditjen Perhubungan Laut yang selalu siap siaga mengerahkan kapal-kapal negaranya dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Semoga kerja keras kita dapat bermanfaat dan berhasil memastikan para pemudik tiba di tempat tujuan untuk berkumpul bersama keluarga sebagaimana tema yang diusung tahun ini Mudik Ceria Penuh Makna yang berupaya memberikan keceriaan penyelanggaraan arus mudik yang aman, lancar dan selamat,” tutupnya.

(Agus Purwanto)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!