Korem 072/Pamungkas Menerima Kunker Tim Komisi I DPR RI

Korem 072/Pamungkas Menerima Kunker Tim Komisi I DPR RI

Spread the love

Yogyakarta – JP NEWS Korem 072/Pamungkas menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Komisi I DPR RI) yang berjumlah 19 orang dengan Ketua Tim Drs. Utut Adianto bertempat di Ruang Katamso, Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan No. 4, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Kamis, (26/1/2023).

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Komisi I DPR RI Drs. Utut Adianto dan rombongan di Makorem 072/Pamungkas.

Lebih lanjut Danrem 072/Pamungkas menyampaikan bahwa Korem 072/Pamungkas merupakan satuan yang berada di bawah Kodam IV/Diponegoro, mempunyai wilayah teritorial yang berada di dua Provinsi yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan sebagian Provinsi Jawa Tengah Eks Karisidenan Kedu meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen.

“Korem 072/Pamungkas memiliki 10 satuan Kodim dan 1 satuan tempur Batalyon Infanteri Mekanis 403/WP serta satuan-satuan pendukung setingkat Detasemen sebagai kelengkapan yang bermarkas tersebar di seluruh wilayah teritorial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan eks Karesidenan Kedu,” jelasnya.

Adapun tugas pokok Korem 072/Pamungkas adalah menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan pembinaan teritorial dalam rangka menyiapkan pertahanan di darat untuk menjaga keamanan wilayah Korem 072/Pamungkas guna mendukung tugas pokok Kodam IV/Diponegoro.

“Selain itu, Korem 072/Pamungkas memiliki peran untuk mendukung Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam pembangunan wilayah sesuai dengan tugas Pokok TNI Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Korem 072/Pamungkas secara nyata ikut serta dalam berbagai program pemerintah seperti pembangunan, kesehatan, pendidikan, bakti sosial dan penanggulangan bencana yang berada di wilayah Korem 072/Pamungkas maupun di tingkat nasional,” jelasnya.

Selanjutnya untuk mendukung tugas pokok Korem 072/Pamungkas diharapkan adanya peningkatan Alutsista, sarana dan prasarana serta pemenuhan kesejahteraan Prajurit Korem 072/Pamungkas.

“Untuk itu, kami mohon arahan dan petunjuk dari Tim Komisi I DPR RI agar Korem 072/Pamungkas ke depan dapat meningkatkan kinerja serta bisa memenuhi kesejahteraan Prajurit dan keluarganya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Komisi I DPR RI Drs. Utut Adianto menyampaikan bahwa kunjungan kerja Komisi I DPR RI di Korem 072/Pamungkas dalam rangka melakukan pengawasan sekaligus mengetahui dan mendalami peran Korem 072/Pamungkas dalam melaksanakan tugas pokok TNI, baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah Komisi I DPR RI ingin mengetahui dan mendalami peran Korem 072/Pamungkas dalam melaksanakan tugas pokok TNI, baik dalam Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang, dengan dukungan alutsista, sarana dan prasarana, serta kesejahteraan Prajurit TNI”, jelasnya.

Selain itu, kunjungan kerja ini juga untuk melihat bagaimana kesiapan Korem 072/Pamungkas dalam menjalankan fungsinya. Mengingat wilayah kerja yang ditangani Korem 072/Pamungkas tersebut cukup luas yang meliputi 10 Kodim yang berada di dua Provinsi yaitu DIY dan sebagian wilayah Jateng Tengah.

“Kita mendengarkan paparan bagaimana kesiapan Korem 072/Pamungkas dalam menjalankan tugas dan fungsinya, tidak hanya tugas yang sudah menjadi tupoksi saja tetapi juga tugas pembinaan teritorial di wilayahnya,” pungkasnya.

Kunjungan kerja Komisi I DPR RI di Korem 072/Pamungkas diakhiri dengan penanda tanganan hasil kunjungan dilanjutkan pemberian cindera mata dan sesi foto bersama.
(HS).

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!