Peringati Hari Jadi ke-829 Kabupaten Trenggalek Gelar Kirap pusaka

Peringati Hari Jadi ke-829 Kabupaten Trenggalek Gelar Kirap pusaka

Spread the love

Trenggalek, jangkarpena.com 

Peringatan Hari Jadi ke-829 Kabupaten Trenggalek dengan mengusung tema “Ngayemi, Ngayomi, Ngayani” tahun ini berlangsung meriah. Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Kabupaten Trenggalek memadati lingkar alun-alun maupun rute yang dilalui oleh kirap pusaka. Kamis, (31/8/23).

Rangkaian kegiatan yang dipusatkan di pendopo manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek tersebut, diawali dengan Kirap Pusaka dari balai desa kamulan Kecamatan Durenan dan diteruskan pasukan kirap yang diikuti oleh jajaran Forkopimda menggunakan kereta kencana.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, dengan tema yang berbeda pada kirab hari ini yaitu, membagikan sejumlah bibit tanaman kepada masyarakat, dengan sebagai simbol dengan tema “Ngayomi, Ngayemi, Ngayani sebagai tanda kemakmuran, dengan membagi bibit tanaman tersebut.

Disisi lain saya sangat bahagia karena, masyarakat turut antusias berebut bibit tanaman dengan semangat ingin menanam,dan melestarikan alam kita.

“semoga bibit tanaman yang di tanam bisa menghasilkan rezeki, karena yang di bagikan tadi rata-rata tanaman buah, “terangnya

Dengan harapan semoga dengan simbol ” Ngayomi, Ngayemi, Ngayani” ini bisa tercapai untuk masyarakat, dan kedepannya lebih makmur lagi, untuk masyarakat Trenggalek.

Dalam prosesi tersebut, ditampilkan pula tari Bedaya Nitisari yang menggambarkan perjuangan Pangeran Mangkubumi melawan penjajahan belanda dibantu Demang Panggul Raden Panji Nawangkung hingga meraih kemenangan dan menduduki tahta Ngayogyokarto Hadiningrat dan bergelar Sultan Hamengkubuwono.

Nampak hadir pula dalam acara tersebut antara lain, Kapolres Trenggalek Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K.,M.Si. Ketua DPRD Ketua DPRD, Samsul Anam, S.H, M.H., M.Hum., Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos., Kajari Dr. Masnur S.H., M.Hum., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Antyo Harri Susetyo, S.H., Kepala OPD Pemkab Trenggalek serta sejumlah tamu undangan lainnya.

(Vi)

Tinggalkan Balasan

All Rights Reserved 2023.
Proudly powered by WordPress | Theme: Refined News by Candid Themes.
error: Content is protected !!